Ini Dia 5 Menu Nasi Paling Unik Khas Bandung

Nasi Paling Unik Khas Bandung

Nasi Paling Unik Khas Bandung | Foto : wisata.kompasiana.com

Sebagai salah satu daerah Pasundan, Bandung tentu memiliki menu nasi andalan. Mungkin selama ini Anda hanya mengenal nasi timbel sebagai satu-satunya nasi khas Sunda, termasuk Kota Bandung. Namun, ada beberapa jenis nasi khas Bandung yang boleh dibilang unik dan pasti enak banget. Inilah menu nasi paling unik khas Bandung yang wajib dicoba.

Ini Dia 5 Menu Nasi Paling Unik Khas Bandung

1. Nasi Kalong

Nasi Kalong Khas Bandung

Nasi Kalong Khas Bandung | Foto : eatdiction.blogspot.com

Mendengar namanya, sepintas boleh jadi Anda berpikir nasi ini dibuat dengan campuran daging kalong atau kelelawar. Meskipun disebut Nasi Kalong, nasi ini tidak menggunakan campuran daging kalong sama sekali. Sebenarnya, Nasi Kalong adalah nasi pulen berwarna ungu kehitaman. Warna unik ini didapat dari beras merah yang dicampur keluwak atau picung. Dinamai Nasi Kalong karena bukanya malam hari hingga subuh seperti kalong yang keluar malam.

2. Nasi Tutug Oncom

Meskipun namanya cukup sederhana, nasi paling unik khas Bandung satu ini termasuk salah satu menu yang sangat disukai warga Bandung maupun wisatawan. Sesuai namanya, nasi tutug oncom terbuat dari nasi putih dicampur oncom bakar yang sudah ditumbuk dengan beberapa bumbu. Nasi ini biasanya disajikan dalam daun pisang dan sangat nikmat disantap selagi hangat dengan lauk ayam, tahu, tempe, sambal, dan lalapan.

3. Nasi Bambu

Nasi Bambu

Nasi Bambu | Foto : farichaamalia.blogspot.com

Nasi bambu atau nasi lemang yaitu nasi yang diolah menggunakan bambu sebagai media masak. Beras yang sudah dicuci bersih dimasukkan ke dalam bambu dengan campuran air serta bumbu lain, lalu ditutup menggunakan daun pisang. Bambu yang sudah diisi beras dibakar hingga nasi matang. Nasi bambu memberikan cita rasa dan kenikmatan yang berbeda, apalagi disantap dengan gepuk pasti yummy banget. Salah satu restoran yang menyediakan nasi ini adalah RM. Nambu di Jl. Raya Lembang No. 168.

4. Nasi Bakar

Jangan ngaku orang Bandung kalau gak tahu nasi satu ini. Nasi bakar merupakan olahan nasi putih dicampur teri, potongan ayam, sumsum sapi, serta bumbu lain, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Aneka lauk campuran nasi serta bumbu-bumbu rahasia pasti menimbulkan aroma yang sangat sedap saat dibakar. Oleh sebab itu, nasi bakar menjadi menu nasi yang paling favorit di Bandung.

5. Nasi Timbel

Nasi Timbel

Nasi Timbel | Foto : ariandriyana.com

Siapa tidak kenal nasi timbel. Nasi satu ini memang boleh dikatakan sebagai satu-satunya nasi paling khas di daerah Sunda. Nasi timbel adalah nasi putih atau nasi merah biasa yang dibungkus daun pisang, lalu dibentuk bulat lonjong seperti tabung. Aroma daun pisang akan membuat nasi terasa lebih nikmat, apalagi disantap hangat dengan tambahan lauk, sambal, dan lalapan. Rasanya dijamin bikin lidah bergoyang. Tidak heran jika timbel disebut nasi paling unik khas Bandung.

Leave a Reply