Mengunjungi Museum di Bandung sebagai Tempat Wisata Edukatif

Mengunjungi Museum di Bandung

Mengunjungi Museum di Bandung | Foto : korantekno.com

Mengunjungi museum di Bandung, mungkin akan menjadi wisata edukatif yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Terutama, bagi keluarga yang menginginkan anaknya memiliki pengetahuan yang tinggi atau pengetahuan yang lebih di banding teman-temannya. Mengunjungi museum, mungkin bukan hal menarik bagi beberapa orang, namun bagi beberapa lainnya termasuk juga anak-anak, benda-benda yang dipamerkan di museum mungkin akan menjadi sajian yang sangat menarik.

Di Bandung sebenarnya ada beberapa museum yang bisa dikunjungi sebagai alternatif wisata. Masing-masing museum tentu memiliki daya tarik dan keunikan sendiri. berikut adalah beberapa museum yang bisa dikunjungi di Kota Bandung.

Mengunjungi Museum di Bandung sebagai Tempat Wisata Edukatif

Museum Geologi

Museum ini termasuk museum yang sangat terkenal, bukan hanya untuk warga Bandung, tetapi bagi warga di luar Bandung. Saking terkenalnya museum ini sering dijadikan objek kunjungan Dharma Wisata untuk sekolah tingkat menengah yang berada di luar Bandung.bukan hanya itu, museum ini sering juga dijadikan sebagai objek penelitian dan perolehan data untuk mahasiswa dan peneliti.

Dari gambaran tersebut, jelas jika museum Geologi Bandung sangat erat kaitannya dengan keilmuan atau dunia pendidikan. Namun demikian, museum ini sebenarnya terbuka untuk umum, sehingga jangan ragu untuk mengajak anak mengunjungi museum ini. Satu hal yang dapat dipastikan bahwa anak-anak akan senang dan terpukau saat melihat kerangka dinosaurus yang dipajang di museum ini.

Museum Pos Indonesia

Lokasinya sangat dekat dengan museum Geologi, namun jarang sekali ada orang yang tahu keberadaan museum ini. Sebab siapa yang akan menyangka jika museum ini memang berada di salah satu ikon Bandung yang terkenal hingga ke manca negara. Museum Pos Indonesia memang berada di Gedung sate. Tepatnya di gedung sayap timur yang berhadapan langsung dengan taman Lansia. Dengan begitu, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi museum di Bandung ini.

Museum Vilatelli

Museum di Bandung ini memaparkan satu benda pos yang paling utama, yaitu perangko. Beragam perangko dari masa lalu hingga saat ini, bisa dilihat di museum ini. museum ini berada di Jalan Riau yang terkenal dengan wisata belanjanya.

Museum Sribaduga

Lengkapnya adalah Museum Negeri Sribaduga, berada di sebelah selatan Bandung, seberang Lapangan Tegal Lega. Sribaduga adalah salah satu nama Raja Padjadjaran yang tertera dalam prasasti Batu Tulis. Di museum ini, pengunjung bisa merekonstruksi sejarah masyarakat dan kebudayaan Bandung (Priangan), melalui benda-benda yang dipamerkannya.

Museum Konfrensi Asia Afrika

Adalah museum yang akan memberikan pengetahuan tentang keadaan dan peran Indonesia di Asia Afrika, melalui pagelaran Konfrensi Asia Afrika yang pertama. Di useum ini, pengunjung pun bisa beragam informasi tentang negara peserta KAA pertama, mulai dari bendera hingga lagu kebangsaan yang bisa didengarkan secara interaktif.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Mengunjungi useum ini, kerangka berpikir kita mungkin akan menganggap museum ini sebagai museum militer. Hal tersebut bisa dikatakan benar, sebab benda-benda yang dipamerkan di museum ini sangat berkaitan dengan peralatan yang digunakan oleh Divisi Siliwangi semasa perang kemerdekaan.

Selain museum di atas, masih banyak ada lagi museum lainnya yang bisa dikunjungi di Bandung, seperti museum Barli yang menampilkan benda-benda seni. Dengan ulasan di atas, sangat pantas kiranya jika mengunjungi museum di Bandung dijadikan sebagai alternatif dalam kegiatan wisata.

Add Comment