Melihat Dinosaurus dan Manusia Purba di Bandung

Melihat Dinosaurus dan Manusia Purba

Melihat Dinosaurus dan Manusia Purba | Foto : baguspujawan.wordpress.com

Melihat dinosaurus dan manusia purba ternyata bisa dilakukan di Bandung.  Tentunya, bukan melihat secara langsung, namun melalui fosil, gambar atau film dokumenter yang ada di Museum Geologi Bandung. Museum adalah salah satu objek wisata edukatif yang paling relefan. Sebab, di museum pengunjung tidak hanya berekreasi, tetapi juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang sejarah masa lalu. Lantas apa saja yang bisa kita dapat di Museum Geologi?

Melihat Dinosaurus dan Manusia Purba di Bandung

Fosil Purba

Beragam fosil purba mulai dari manusia purba hingga beragam jenis dinosaurus bisa dilihat secara langsung di Museum Geologi Bandung. fosil ini sengaja diletakkan di sayap barat sebagai ruangan utama museum ini yang disebut juga dengan Ruang Geologi Indonesia. pengunjung mungkin akan merasa takjub saat melihat kerangka dinosaurus yang tinggi dan besar.

Selain melihat dinosaurus dan manusia purba, pengunjung pun bisa melihat contoh-contoh evolusi dari makhluk purba hingga terlihat seperti saat ini. Karena museum ini bernama geologi, maka segala sesuatu yang berhubungan dengan kebumian atau geologi ditampilkan di museum ini. hal tersebut terlihat dari banyak sekali bebatuan yang dipamerkan. Karena museum adalah sarana menampilkan informasi, maka setiap benda yang ditampilkan dilengkapi dengan panel-panel informasi.

Pameran Lainnya

Di salah satu sudut, pengunjung bisa menyaksikan sebuah peta yang bisa merekonstruksi proses terjadinya wilayah Indonesia hingga seperti yang terlihat dalam peta saat ini. Peta yang juga alat peraga tersebut, menunjukkan bahwa proses pembentukan wilayah Indonesia  ternyata membutuhkan waktu hingga ribuan tahun.

Selain itu, di museum ini pengunjung bisa mengetahui bagaimana kondisi gunung berapi yang ada di Indonesia dan bagaimana pengaruhnya terhadap bentang geologi indonesia dan kekayaan sumber dayanya. Kekayaan sumberdaya yang terkandung dalam bumi seperti bahan tambang dan mineral pun ditampilkan di museum ini. bahkan beragam bahan tambang yang dihasilkan oleh pertambangan terbesar di Indonesia (freeport) dipamerkan di museum ini.

Tak cukup dengan penemuan dan hasil-hasil tambang di muka bumi, museum geologi pun menampilkan bermacam peralatan yang digunakan dalam tambang, pengeboran bumi dan penelitian geologi. Singkatnya, apa yang ditampilkan dalam museum geologi Bandung sangatlah lengkap.

Karenanya wajar jika tempat ini seringkali dijadikan rujukan darmawisata siswa SMP-SMA hingga tempat untuk mendapatkan informasi geologi bagi mahasiswa. Bukan hanya itu, museum geologi pun merupakan rujukan bagi pecinta alam untuk mendapatkan peta di berbagai wilayah Indonesia, hanya dengan mengetahui lembar dan nomor peta.

Itulah sekilas pembahasan mengenai beberapa cara untuk melihat dinosaurus dan manusia purba di Bandung yang dapat dijelaskan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply