Ini Dia 5 Makanan Unik yang Paling Terkenal di Bandung

Makanan Unik yang Paling Terkenal di Bandung

Makanan Unik yang Paling Terkenal di Bandung | Foto : masakfun.blogspot.com

Makanan unik yang paling terkenal di Bandung memang cukup banyak. Namanya juga Bandung, kota surga kuliner. Jika Anda senang berburu makanan unik, Bandung adalah pilihan paling tepat. Orang Bandung seolah memiliki kemampuan khusus untuk menjadikan menu makanan biasa menjadi istimewa dan unik dibanding makanan lain.

Yang lebih mencuri perhatian, orang Bandung sering menciptakan menu makanan yang memiliki nama unik. Nama-nama makanan unik di Bandung banyak yang diambil dari akronim makanan itu sendiri. Misalnya, batagor yang merupakan kependekan dari baso tahu goreng. Jika Anda sedang mencari makanan paling terkenal di Bandung, cobalah beberapa menu berikut ini.

Ini Dia 5 Makanan Unik yang Paling Terkenal di Bandung

1. Batagor

Batagor atau baso tahu goreng merupakan salah satu kuliner unik khas Bandung. Yang unik dari makanan ini adalah nama serta pengolahannya. Umumnya, baso tahu diolah dengan cara dikukus. Namun, batagor hadir sebagai variasi menu makanan unik yang paling terkenal di Bandung. Batagor bisa disajikan kering dengan guyuran saus kacang dan batagor kuah yang disiram dengan kuah seperti bakso. Salah satu batagor paling terkenal di Bandung adalah Batagor Riri.

2. Colenak

Nama colenak sebenarnya merupakan kependekan dari “dicocol enak” karena makanan ini disantap dengan cara mencocolkan tape singkong yang dibakar ke saus gula merah campur parutan kelapa. Meskipun merupakan makanan tradisional, colenak ini begitu populer di kalangan masyarakat luar Bandung. So, colenak merupakan salah satu menu makanan unik yang wajib dicoba di Kota Bandung.

3. Piscok

Satu lagi makanan unik yang wajib dicoba di Bandung adalah piscok alias pisang coklat. Sesuai namanya, piscok terbuat dari pisang dan coklat batang yang dilelehkan, lalu digoreng dengan balutan kulit lumpiah. Di Bandung sendiri, piscok merupakan menu favorit yang paling cocok dinikmati saat santai maupun nongkrong bareng teman. Rasanya dijamin tidak mengecewakan, apalagi harganya murah meriah.

4. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom atau yang lebih populer dengan sebutan TO merupakan salah satu makanan tradisional dan unik khas Bandung. Nasi tutug oncom merupakan nasi yang dicampur dengan oncom goreng maupun bakar serta kerupuk sagu yang sudah diremas-remas. Sebelum dicampur dengan nasi, oncom ditumbuk dengan campuran beberapa bumbu. Nasi TO ini sangat enak disantap dalam keadaan hangat.

5. Tahu Susu Lembang

Sebenarnya, tahu bukan termasuk makanan unik karena setiap kota pasti memiliki pabrik tahu. Namun, ada yang spesial dari tahu Lembang, yaitu memakai bahan dasar susu sapi segar, bukan kedelai. Karena terbuat dari susu, tahu Lembang lebih lembut dan gurih sehingga banyak diburu warga Bandung maupun wisatawan. Rasa dan teksturnya yang berbeda dari tahu lain membuat tahu Lembang menjadi makanan unik yang paling terkenal di Bandung.

Leave a Reply