Yuk Kenalan dengan Komunitas Vespa Terbesar di Bandung

Komunitas Vespa Terbesar di Bandung

Komunitas Vespa Terbesar di Bandung | Foto : pemilikskuter.blogspot.com

Komunitas Vespa Terbesar di Bandung, memang terbentuk untuk mewadahi pengguna dan pecinta motor dengan bentuk yang unik ini. Keunikan vespa semakin eksentrik saat maniak  Vespa mengutak atik motor yang kerap disebut skuter ini. Mulai modifikasi yang biasa sampai yang sangat extreme dan aneh bentuknya.

Di Bandung sendiri, ada beberapa klub vespa yang terbilang eksis. Klub atau komunitas ini, kerap menjadi media informasi bagi pecinta vespa, baik dalam modifikasi, perbaikan/service, informasi onderdil hingga kegiata-kegiatan yang mengakrabkan anggota komunitas seperti jalan-jalan atau touring. Lalu, apa saja komunitas vespa yang ada di Bandung? Berikut adalah ulasannya.

Yuk Kenalan dengan Komunitas Vespa Terbesar di Bandung

SOG ( Scooter Owner Club )

Komunitas vespa terbesar di Bandung yang berdiri sekitar tahun 90’ an, memang sudah sangat terkenal di mana-mana. SOG sangat bisa dikatakan sebagai klub vespa raksasa, dalam artian memiliki banyak member atau anggota, bahkan banyak membernya berasal dari luar indonesia. “ HAREUDANG “ adalah motto mereka dalam bahasa Sunda yang berarti panas atau gerah. Entah apa makna filosofis dari motto yang juga menjadi yel-yel komunitas ini. Mungkin karena saking besar dan banyaknya, secara faktual memang akan menghasilkan suasana yang panas dan gerah.

Secara penampilan, anggota SOG memang jauh dari kesan urakan, sebab mereka sangat mengutamakan sopan santun. Satu hal yang ditekankan adalah anggota harus bisa menghargai diri sendiri dengan tinggi sebelum menghargai orang lain. Falsafah ini sebenarnya memiliki nilai yang tinggi ketimbang narcism, sebab mereka percaya bagaimana bisa menghargai orang lain jika menghargai diri sendiri saja tidak bisa.

Penampilan member sebenarnya boleh menggunakan pakaian apa saja, kecuali satu, sandal jepit yang kesannya diharamkan ketika mengendarai vespa. Pelarangan tersebut bukannya tanpa alasan, alasannya seperti yang telah diuraikan di atas, merujuk pada kesopanan berpakaian, penghargaan terhadap diri sendiri agar tak direndahkan orang lain dan yang terpenting adalah keselamatan dalam berkendara.

Perihal keselamatan berkendara, hal tersebut berkaitan juga dengan modivikasi kendaraan. Sebab di komunitas vespa terbesar di Bandung ini, modivikasi yang sifatnya ekstrem dan berpotensi membahayakan diri dan pengguna jalan lain atau bersifat mengintimidasi karena suara dan penampilannya, sama sekali tak diperbolehkan. Hal tersebut bisa juga dikatakan sebagai cara mereka untuk menghormati pengguna jalan lainnya. Penasaran dengan penampilan dan kegiatan Scooter Owner Club ini? Kenapa tidak datang ke Bandung untuk melihat dan mengenalnya lebih dekat?

Leave a Reply