Ini Dia Beberapa Komunitas Sepeda di Bandung

Komunitas Sepeda di Bandung

Komunitas Sepeda di Bandung | Foto : www.medanmagazine.com

Mengenal komunitas sepeda di Bandung satu per satu sebenarnya sangat sulit, mengingat di kota ini banyak sekali komunitas sepeda yang dibentuk. Baik yang aktif mau pun tidak aktif atau yang terkenal mau pun tidak terkenal. Hal itu sekaligus menunjukkan bahwa Bandung adalah masyarakat yang guyub dan senang berkumpul. Keguyuban tersebut terbukti dari keanggotaan satu komunitas yang umumnya berasal dari beragam wilayah, dari orang-orang yang asalnya tidak saling mengenal, namun bisa disatukan dengan visi yang sama.

Ini Dia Beberapa Komunitas Sepeda di Bandung

Mengenal komunitas sepeda di Bandung, sebenarnya bisa dilihat dari penampilan mereka saat bersepeda. Alasannya sangat sederhana, sebab masing-masing komunitas sepeda di kota ini memang memiliki keunikan tersendiri. Seperti apa komunitas sepeda yang ada di Bandung? Berikut adalah ulasannya.

PASOBAN (Paguyuban Sepeda Onthel Bandung)

Dari namanya yang berbau buhun (tempo dulu) sudah dapat dipastikan bahwa ini adalah perkumpulan dari sepeda-sepeda antik. Memang benar dan mereka dibina langsung oleh Disbudpar Kota  Bandung, sebagai relawan kegiatan pariwisata di bandung.

PSSB (Paguyuban Sepeda Baheula Bandung)

Mereka biasanya berkumpul pada hari minggu, di Bandung Car Free Day, Dago. Cara mengenalinya sangatlah mudah, sebab komunitas ini biasa mengendarai sepeda othel dengan dandanan unik nan jadoel (berbau kolonial).

JARAMBAH

Jarambah dalam bahasa Sunda berarti suka bermain jauh, namun lebih identik pada anak kecil. Uniknya, penggunaan kata jarambah ini merujuk pada orang tua atau lansia yang senang bermain jauh. Jarambah adalah komunitas sepeda santai untuk orang tua atau lansia, namun dalam perkembangannya, banyak juga anak muda bergabung.

Koskas

Komunitas Sepeda Kaskus Bandung ini dibentuk sebagai sarana pertemuan para kaskuser yang berada di Bandung.

SELI

Namanya memang seperti nama perempuan yang menunjukkan keanggunan atau kecantikan. Namun nama tersebut sebenarnya meupakan singkatan dari sepeda lipat. SELI memang salah satu komunitas sepeda lipat yang ada di Bandung.

BDBMX

Bandung BMXadalah klub sepeda yang tidak hanya terbentuk atas dasar hobby, tetapi juga sarat prestasi. Klub BMX ini bahkan telah terkenal hingga ke luar negeri sehingga mampu mengharumkan nama bangsa. Atraksi-atraksinya bisa dilihat langsung dalam latihan rutin di lapangan Saparua Bandung, atau mengakses videonya di youtube.

BANDUNG CYCLING CHIC

Para lelaki mungkin akan takjub dan terkesima dengan komunitas ini, sebab anggotanya adalah Mojang Bandung yang cantik dan modis. Banhkan banyak anggotanya yang mengatakan bahwa merk atau tipe sepeda tidaklah penting, yang lebih penting adalah bagaimana tampil cantik dan modis meski bersepeda.

Selain komunitas sepeda di Bandung tersebut, masih banyak lagi komunitas lain yang belum disebutkan. Untuk lebih mengetahunya mari datang ke Bandung dan saksikan keunikan komunitas-komunitas sepeda yang ada di Bandung.

Leave a Reply