Komunitas Pensil Kertas Bandung, Kreatif dengan Desain

Komunitas Pensil Kertas Bandung

Komunitas Pensil Kertas Bandung | Foto : http://2.bp.blogspot.com

Komunitas Pensil Kertas Bandung adalah wadah pecinta seni di Bandung, terutama seni lukis dan desain. Komunitas ini berdiri dengan ideologi yang cukup tinggi, yaitu merancang gambaran Bandung di masa depan. Meski ideologi tersebut kemudian terwujud dalam beberapa tingkatan, seperti menciptakan Bandung kota desain atau menciptakan Bandung kota Industri kreatif sebagai mimpi para anggotanya.

Komunitas Pensil Kertas Bandung, Kreatif dengan Desain

Mimpi dan Harapan

Ideologi yang terbilang tinggi tentunya hanya akan dipandang sebagai mimpi jika tak diikuti dengan kegiatan nyata. Dalam kerangka ini, Komunitas Pensil Kertas Bandung mencoba untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan dengan memanipulasinya sebagai harapan. Caranya adalah merunut beragam permasalahan yang ada di Bandung melalui gambar. Seperti halnya cerita, dan juga tulisan ilmiah, karya berupa gambar tersebut berisi juga harapan atas pemecahan masalah yang dilihat dari sudut pandang penggambar.

Bukan hanya itu, komunitas ini pun turut serta dalam estetika kota. Mereka menghias tong sampah dengan tujuan untuk mempercantik kota, atau menggambar mural untuk mengendalikan vandalisme yang marak di kota Bandung.

Bandung Kota Desain

Satu tujuan mulia dari komunitas ini adalah menjadikan Bandung sebagai kota desain. Tujuan ini bukanlah tanpa alasan, sebab Bandung memang terkenal sebagai barometer lifestyle. Artinya komunitas ini menganggap Bandung sebagai pusat dari perkembangan seni dan gaya hidup. Perkara seni dan gaya hidup ini, tentunya bisa diaplikasikan dalam beragam hal. Semisal desain t shirt, desain atau mode pakaian, desain produk dan semacamnya.

Untuk menjembatani hal ini, maka komunitas ini mengembangkan diri tidak hanya berdasarkan media gambarnya yang berupa pinsil dan kertas. Tetapi juga telah merambah pada desain komputer. Dengan kata lain, komunitas ini terbuka bagi mereka yang menggemari seni lukis dan desain. Karenanya jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas ini.

Beragam anggapan mengatakan bahwa seni memang mahal, seni adalah ekspresi kebebasan. Namun demikian, komunitas ini pun mengajarkan bahwa kebebasan saja tidak akan mampu memberi kehidupan jika tak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu, komunitas ini biasa menggelar hasil karyanya dalam pameran-pameran sederhana sebagai media pemasaran juga pembelajaran dalam pemenuhan kebutuhan.

Bukan hanya pameran, beragam karya pun menjadi garapannya, semisal komik Strip 3D. Dengan kata lain, komunitas ini tidak hanya mengajarkan bagaimana menghasilkan karya seni, namunn juga menjualnya. Singkatnya ada penghasilan saat memasuki komunitas pensil kertas Bandung ini, asalkan kreatif.


Add Comment