Bicons, Komunitas Pecinta Burung Di Bandung

Komunitas Pecinta Burung Di Bandung

Komunitas Pecinta Burung Di Bandung | Foto : bicons.wordpress.com

Komunitas pecinta burung di Bandung sangatlah banyak, terutama pecinta burung berkicau atau burung ocehan yang secara finansial memang bisa mendatangkan pemghasilan. Namun dari sekian banyak komunitas tersebut, hanya ada satu komuitas yang benar-benar menyatakan keprihatinannya atas habitat dan ekologi burung yang semakin hari semakin terdesak.

Adalah Bicons, komunitas pecinta burung di Bandung yang benar-benar konsen terhadap habitat dan pelestarian burung. Bicons sebenarnya merupakan singkatan dari Birds Conservation Society yang bisa diartikan sebagai kelompok atau klub konservasi burung.

Bicons, Komunitas Pecinta Burung Di Bandung

Pendirian

Semakin maraknya penjualan burung untuk kepentingan bisnis dan hobby, membuat perburuan burung semakin tinggi. Dari kegiatan tersebut, sangat mungkin menyebabkan kelestarian beberapa spesies burung berkurang, terancam punah hingga punah sama sekali. Terlebih jika melihat eksploitasi alam secara besar-besaran yang secara langsung berdampak pada berkurangnya habitat burung.

Kondisi seperti ini membuat beberapa orang yang perduli terhadap lingkungan, khususnya burung untuk bergabung dalam satu komunitas yang bernama Bicons pada tanggal 24 September 1999. Komunitas ini sepertinya lebih tepat jika dinamai sebagai wadah atau organisasi.

Program Rutin

Di awal pendiriannya hingga saat ini, Bicons memiliki agenda rutin yang dikenal dengan Sunday Bird Wtching (SBW). Sebuah program yang memberikan edukasi terhadap masyarakat Bandung khususnya tentang kecintaan dan pentingnya lingkungan bagi masyarakat.

Seperti namanya, Sunday Bird Watching yang juga menunjukkan bahwa hari senin adalah hari pelaksanaan program ini. Kegiatannya berupa pengawasan dan pengamatan burung yang hidup di alam liar. Lokasi yang representatif bagi pelaksanaan program ini adalah Taman Ganesha. Taman ganesha dipilih sebab di lokasi ini, ekologi burung masih terjaga di samping berdekatan dengan Kebun Binatang Bandung.

Dekatnya lokasi dengan Kebun Binatang Bandung merupakan aspek lain dari keberadaan burung di Taman Ganesha. Penjelasan sederhananya, mungkin burung-burung liar akan merasa tertarik dengan suara-suara burung dan binatang lainnya yang ada di kebun binatang. Meski pun penjelasan ini bukanlah teori, namun kenyataannya burung memang senang mendekati lingkungan dan koloni binatang lain.

Untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan program pengamatan burung ini, bagaimana cara mengamati burung-burung liar atau hanya sekadar mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang manfaat burung bgi lingkungan. Maka engunjungi langsung Taman Ganesha pada hari senin pukul 07.00-10.00 WIB sangatlah dianjurkan. Sebab anggota dari Komunitas Pecinta Burung di Bandung, Bicons akan memberikan segala macam informasi yang diinginkan. Dengan demikian pengetahuan kita akan bertambah.

Leave a Reply