Komunitas Parkour Bandung, Seni Mengolah dan Memberdayakan Kemampuan Tubuh

Komunitas Parkour

Komunitas Parkour | Foto : www.parkourbandung.com

Komunitas parkour Bandung adalah wadah bagi mereka yang menyenangi parkour dan ingin mengetahui lebih dalam tentang parkour melalui kegiatan-kegiatannya. Tujuannya adalah memperkenalkan, menyatukan, menginformasikan segala pengetahuan tentang parkour melalui pembinaan anggotanya.

Komunitas Parkour Bandung, Seni Mengolah dan Memberdayakan Kemampuan Tubuh

Apa itu Parkour

Parkour bisa dikatakan sebagai seni mengolah, memberdayakan dan meningkatkan kemampuan tubuh, cara pemberdayaannya tentu dengan latihan dan disiplin. Dalam praktiknya, parkour mungkin lebih menonjolkan kemampuan seseorang untuk meloncat jauh, meloncat tinggi, menaiki dan menuruni gedung atau tempat-tempat tinggi, bergelantungan dan sebagainya tanpa menggunakan alat. Sebab alat terbaik dalam seni parkour adalah kemampuan tubuh.

Sebuah anekdot yang sering didengar bahwa seseorang mungkin akan mampu meloncati benteng yang sangat tinggi saat dikejar anjing atau dalam situasi yang mendesak. Kemampuan seperti itu lebih banyak disebut sebagai kemampuan yang muncul di bawah sadar. Namun, hal tersebut bisa menjadi sebuah kemampuan yang dilakukan dengan kesadaran jika dilatih atau diolah dengan keseriusan. Tentunya, dengan diiringi beberapa teknik dan teori sebagai pengetahuan dan keselamatan.

Bukan hanya itu, sebagai seni, parkour tentu saja memiliki unsur keindahan atau setetika yang ditunjukkan dalam kelenturan gerak dan kelincahan tubuh. Dengan demikian, parkour adalah seni olah tubuh yang merupakan perpaduan antara kekuatan, kelincahan, kelenturan, keseimbangan di samping juga keberanian.

Nilai Lebih

Nilai lebih yang bisa didapat dari komunitas parkour ini adalah eksistensi dan nilai ekonomis yang ditunjukkan dari layanannya. Mengapa demikian? Sebab komunitas ini memiliki layanan talent (model) yang bisa digunakan sebagai pemeran pengganti dalam film-film action, iklan, videi klip dan sebagainya.

Bukan hanya itu, Parkour Bandung pun memiliki satu divisi yang bernama Footstep Performance Team yang bisa dimanfaatkan sebagai seni pertunjukkan. Sebagai seni pertunjukkan, divisi ini bisa digunakan dalam berbagai kepentingan semisal peluncuran produk, pembuka acara dalam festival atau even tertentu dan sebagainya.

Berbagai nilai tambah di atas, tentunya tidak didapt begitu saja, tetapi melalui serangkaian proses baik dari konsistensi, keseriusan dan juga disiplin yang sangat tinggi. Yang lebih utama adalah, memasuki parkour sebagai wadah berkelompok, mengajarkan kita bagaimana mengolah hidup dengan kegiatan yang positif. Positif tentunya dalam berbagai hal, meliputi cara hidup, cara berpikir, disiplin termasuk juga semua manfaat yang kemudian didapatnya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai parkour, kita bisa masuk dalam komunitas parkour Bandung atau melihat kegiatannya melalui jadwal latihan rutin yang diadakan setiap hari minggu di Bangunan Lapangan Sipil ITB atau setiap hari Jum at di area kampus ITB atau lapangan Saparua Bandung.

Leave a Reply