Memperdalam Isi Buku Bersama Komunitas Minat Baca Ultimus

Komunitas Minat Baca

Komunitas Minat Baca | Foto : faizmanshur.wordpress.com

Ultimus adalah toko buku kecil yang juga merupakan salah satu komunitas minat baca yang ada di Kota Bandung. Anggota komunitas ini memang mayoritas mahasiswa, namun tak jarang juga pecinta buku umum dan kalangan akademisi yang masuk dalam komunitas ini.

Salah satu daya tarik dalam komunitas ini adalah kegiatan diskusi dengan materi-materi yang memang berasal dari buku teks. Materi yang dibahas pun biasanya berkaitan dengan teori-teori besar, terutama yang berkaitan dengan teori sosial. Membahas teori sosial mungkin akan lebih menarik jika materi yang dibahas berkaitan dengan sesuatu yang dianggap kekiri-kirian seperti halnya sosialis atau marxis. Teori dan konsep seperti inilah yang memang banyak dibahas dalam komunitas ini. tujuannya tidak lain untuk menambah dan menyebarkan pengetahuan tentang teori yang dianggap sayap kiri tersebut.

Memperdalam Isi Buku Bersama Komunitas Minat Baca Ultimus

Bedah Buku

Seperti halnya komunitas buku yang lain, komunitas minat baca ultimus kerap mengadakan kegiatan bedah buku. Dalam praktiknya, kegiatan ini sama seperti halnya diskusi, namun lebih mengarah pada satu buku tertentu sebagai materi pembahasan.

Bedah buku berarti juga mengupas dan mengulas segala hal yang ada dalam buku. Bukan hanya berkaitan dengan materi, namun juga menilik pada apa yang bagus dalam buku tersebut sbagai kelebihan dan apa kekurangannya. Dengan kata lain, bedah buku adalah salah satu sarana yang membuat anggotanya bisa berpikir kritis.

Launching Buku

Launching buku adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh penulis buku. Sebab dalam kegiatan ini, penulis bisa memaparkan secara langsung apa yang menjadi buah pemikiran dalam buku yang telah ditulisnya.

Dalam buku, mungkin saja ada sinopsis, namun sinopsis tersebut tentu saja sama sekali tak bisa menjelaskan seluruh pemikiran yang ada dalam buku. Melalui kegiatan inilah penulis bisa mengupas segala pemikirannya. Bisa juga dikatakan sebagai sarana promosi untuk buah pikirnya.

Acara seperti ini memang kerap dilakukan, mengingat ultimus sendiri bukan hanya komunitas atau toko buku, tetapi berperan juga sebagai penerbit. Meski pun dalam pelaksanaannya kegiatan launching buku tidak hanya berlaku untuk buku-buku terbitan ultimus, tetapi banyak juga penulis yang menerbitkan bukunya di tempat lain dan memilih ultimus sebagai tempat untuk lounching.

Dari beberapa kegiatan yang ada dalam komunitas ini, jelas bahwa ilmu dan pengeatahuan adalah hal utama yang dieksplore dalam komunitas. Karenanya wajar, jika anggota komunitas minat baca ultimus terlihat sangat cerdas dan kritis.

Leave a Reply