Mengenal Komunitas Holiday Route – Komunitas Unik di Bandung

Komunitas Holiday Route

Komunitas Holiday Route | Foto : hai-online.com

Mungkin tak banyak orang yang mengenal komunitas Holiday Route. Mendengar namanya saja mungkin baru pertama kali. Jika dilihat dari namanya, anggapan umum mungkin akan menganggap komunitas ini sebagai komunitas jalan-jalan atau liburan yang memberi informasi tentang rute liburan yang menarik. Anggapan seperti itu sah-sah saja, namun bukan itu maksudnya.

Holiday Route adalah komunitas skateboard yang berpusat di Bandung. Jika kebanyakan komunitas skateboard memanfaatkan taman atau skate park untuk melakukan aksi dan latihannya. Maka komunitas ini menggunakan jalanan dan ruang terbuka lainnya untuk berlatih dan beraksi di atas papan luncur.

Komunitas ini menganggap bahwa semua yang terlihat di depan mata, pada dasarnya bisa digunakan sebagai media berlatih dan beraksi. Mulai dari jalanan, trotoar, lapang parkir dan seterusnya.

Mengenal Komunitas Holiday Route – Komunitas Unik di Bandung

Apa yang Unik?

Salah satu keunikan dari komunitas ini, bukanlah tentang bagaimana ia melakukan latihan dan beraksi. Sebab latihan dan beraksi adalah hal yang umum dilakukan oleh semua komunitas skateboard yang ada di dunia. yang menjadi unik adalah perannya terhadap masalah estetika kota.

Bayangkan saja, komunitas holiday route tak segan-segan turun langsung dalam pembangunan wajah kota, seperti pendirian tempat sampah di taman-taman dan spot-spot tertentu di kota Bandung. Tempat sampah tersebut telah dicat berdasarkan simbol sampah organik atau non organik. Pendirian tersebut memang beralasan, mengingat tempat sampah yang diletakkan atau didirikan sangat berhubungan dengan latihan dan aksinya.

Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan wujud tempat sampah yang tidak harus berbentuk tong, tetapi wujud yang bisa dilalui atau digunakan untuk melakukan trik. Hal ini, berhubungan juga dengan kekuatan tempat sampah tersebut. Atau menyediakan tempat duduk di taman-taman yang juga bisa digunakan sebagai rintangan dalam melakukan trik.

Bukan hanya itu, komunitas ini sangat memperhatikan keselamatan. Sehingga tak jarang saat berlatih komunitas ini membawa beragam peralatan tukang seperti gerinda yang bisa digunakan untuk menghaluskan sudut-sudut tembok yang tajam. Tujuannya, tentu bukan merusak, namun lebih pada keamanan dan kenyamanan baik bagi komunitasnya, mau pun bagi pengguna umum.

Ulasan di atas, mungkin bisa memberi gambaran seperti apa komunitas yang ada di Bandung ini. Melalui aktivitas positifnya, wajar kiranya jika komunitas ini diberi ruang khusus untuk meningkatkan kreatifitas dan prestasinya. Untuk lebih mengenal komunitas Holiday Route ini, bisa disimak melalui Youtube, atau media sosial atas namanya. Sebab lewat media inilah komunitas ini mempromosikan aktivitasnya.

Add Comment