Komunitas Bandung Berkebun, Peduli Lingkungan dan Kesehatan

Komunitas Bandung Berkebun

Komunitas Bandung Berkebun | Foto : bandung.bisnis.com

Komunitas Bandung Berkebun adalah komunitas yang mengimplementasikan kegiatan berkebun sebagai gaya hidup dan cara memahami gerakan hijau (go green). Sebagaimana diketahui bahwa gerakan hijau adalah gerakan yang menekankan pada keselarasan antara manusia dan lingkungan hidupnya (alam). gerakan ini berkaitan juga dengan keprihatinan atas penurunan kualitas lingkungan yang secara luas memberikan dampak terhadap global warming.

Memahami global warming memang sangat berkaitan dengan segala aktivitas manusia dengan lingkungannya. Pemahaman tersebut tentu sangat luas dengan bentuk kongkretnya yang teramat banyak. Salah satu bentuk kongkret yang dilakukan Komunitas Bandung Berkebun adalah mengisi lahan-lahan kosong dan tak terpakai dalam kegiatan berkebun.

Dengan memanfaatkan lahan tak terpakai sebagai media berkebun, maka kelompok ini secara langsung telah memberi kontribusi terhadap ketersediaan oksigen di alam. Bukan hanya itu, dampak langsung yang bisa dirasakan adalah produktivitas yang berhubungan dengan ekonomi dan ketahanan pangan. Sebab berkebun merupakan salah satu cara termudah dalam pemenuhan kebutuhan hidup yang paling utama yaitu makan.

Komunitas Bandung Berkebun, Peduli Lingkungan dan Kesehatan

Produksi Bahan Makanan Sehat

Komunitas yang memanfaatkan semua lahan kosong dalam kegiatannya ini, termasuk di dalamnya adalah halaman rumah, ternyata memberikan kontribusi terhadap pemenuhan bahan makanan yang sehat. Komunitas ini sadar, bahwa sayur mayur dan bahan makanan lain yang dijual di pasaran tak bisa lepas dari penggunaan pestisida dan sintetis kimia lainnya. Bahan makanan yang terkontaminasi bahan kimia tersebut, tentu tak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus. Sebab bahan-bahan berbahaya yang menempel pada makanan tersebut akan terakumulasi dalam tubuh dan menjadi sumber penyakit.

Dengan kegiatannya, komunitas ini mencoba untuk mengubah cara berkebun yang membahayakan tersebut. Hasilnya adalah bahan makanan organik yang memang sangat aman untuk dikonsumsi. Bukan hanya itu, bahan makanan organik ini ternyata memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi di pasaran.

Dengan demikian, selain mendapatkan manfaat kesehatan, produksi kebun pun bisa mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi yang berdampak ketahanan ekonominya. Meski demikian, untuk mendapatkan manfaat ekonomi tersebut tentunya harus dilakukan dalam skala yang besar. Karenanya, komunitas ini selalu mencari lahan-lahan kosong sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan ekonominya.

Tertarik dengan apa yang dilakukan oleh Komunitas Bandung Berkebun? sebenarnya kita bisa melakukannya di rumah sendiri dengan mendayagunakan halaman atau lahan yang tak terpakai. Atau bisa juga dengan menggunakan metoda vertikultur untuk lahan yang memang sangat terbatas.

Add Comment