Belajar Berbahasa dengan Komunitas Bahasa di Bandung

Komunitas Bahasa di Bandung

Komunitas Bahasa di Bandung | Foto : measiamagazine.net

Ada komunitas bahasa di Bandung yang memang lebih bersifat edukasi ketimbang hobby. Komnitas bahasa ini memang dibentuk untuk mengedukasi anggotanya dalam berbahasa, baik bahasa Indonesia mau pun bahasa asing. Uniknya, pembelajaran dilakukan dengan cara santai dan berkumpul di satu tempat. Cara yang mendobrak formalitas dalam belajar tersebut, ternyata memberikan dampak positif bagi anggotanya untuk menyerap semua pembelajaran. Sebab dengan cara tersebut, tak ada lagi kata sungkan, kata malu dan takut untuk salah. Lalu seperti apa komuitas bahasa yang ada di Bandung? Berikut adalah ulasannya.

Belajar Berbahasa dengan Komunitas Bahasa di Bandung

Komunitas Fakta Bahasa

Komunitas bahasa di Bandung ini didirikan oleh seorang Mahasiswa ITB. Keunikan yang membedakannya dengan komunitas serupa lainnya adalah cara mereka belajar yang dilakukan sambil “bergaul”. Bergaul mungkin merupakan perluasan makna yang lebih merujuk pada aktivitas dan tempat pergaulan pemuda masa kini. Komunitas ini memang sengaja mengambil cafe dan resto-resto yang nyaman di mada pemuda untuk dijadikan tempat belajar. Dengan demikian belajar bahasa asing akan terasa lebih menyenangkan.

Satu bahasa yang dipelajari adalah berbagai bahasa asing, namun yang lebih utama adalah bahasa Rusia. Karenanya, jangan terkejut jika saat berjalan-jalan di cafe atau restoran cepat saji di Bandung, kita bertemu dengan sekumpulan pemuda yang asik menggunakan bahasa yang sangat asing di telinga.

Komunitas Polygot Indonesia

Seperti arti dari namanya, komunitas ini terkenal sebagai komunitas pengguna banyak bahasa. Kelebihan dari komunitas ini adalah praktik berbahasa secara langsung dengan tujuan untuk melancarkan bahasa yang dimilikinya. Dengan kata lain, komunitas ini memang didirikan bukan untuk belajar bahasa dari nol, tapi lebih pada melancarkan dan menambah kemampuan berbahasa. Anggapan seperti itu memang sangat beralasan, sebab banyak wadah lain yang bisa menampung orang-orang yang ingin belajar berbahasa dari nol, semisal kursus bahasa asing.

Keunikan lainnya, bahwa anggota komunitas ini tidak hanya orang Indonesia yang ingin melancarkan bahasa asing, tetapi juga orang asing yang ingin lancar dalam berbahasa Indonesia. Satu program yang terkenal dalam komunitas ini adalah program “meet up” atau pertemuan.

Dalam program ini, setiap anggota bebas memilih untuk bertemu dan berbincang-bincang dengan anggota lainnya dalam satu meja. Meja yang dipilih tersebut, tentu sudah dilabeli dengan bahasa asing, semisal meja Inggris untuk berbincang dalam bahasa Inggris, Meja Spanyol untuk berbincang dalam bahasa Spanyol, hingga meja Indonesia yang umumnya terdiri dari orang asing yang ingin berbincang dalam bahasa Indonesia.

Itulah sekilas tentang komunitas Bahasa di Bandung yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply