Mengenal Kindeuws Runner Sebagai Kelompok Peduli Lingkungan

Kindeuws Runner

Kindeuws Runner | Foto : www.portalkbr.com

Bisa dipastikan, jarang sekali ada orang yang mengenal  Kindeuws Runner. Kindeuws sebagai kata yang dekat dengan istilah “tukang pungut sampah” atau “tukang beling” yang selalu membawa karung di punggung itu, memang terkesan aneh di telinga. Pasalnya, kindews runner adalah sekelompok penggiat lari di kota Bandung. uniknya, kebiasaan lari mereka bukan di jalanan kota yang relatif rata meski pun dengan medan menanjak, tetapi mereka lebih condong memilih kegiatannya di pegunungan.

Bagi penggiat alam bebas, lomba kebut gunung mungkin tak asing lagi, namun bagaimana dengan lari di gunung? Dengan mendengarnya saja mungkin akan sangat menyita fisik. Namun, bukan hanya itu, kelompok ini bisa berlari sambil mengumpulkan sampah yang ditemui sepanjang trek larinya. Kegiatan mengumpulkan sampah inilah yang kemudian diidentikkan dengan tukang kindeuw atau tukang pungut sampah.

Mengenal Kindeuws Runner Sebagai Kelompok Peduli Lingkungan

Aksi Bersih Gunung

Dengan melihat cara dan metode berlarinya, wajar jika kelompok memberikan sumbangan yang sangat besar dalam aksi bersih gunung. Seperti diketahui, bahwa Bandung memang dikelilingi oleh jajaran pegunungan yang kini menjadi potensi wisata. Sayangnya, pemanfaatan gunung dalam hal yang positif tersebut, kerap dinodai oleh perilaku wisatawan yang tak disiplin.

Berbicara mengenai Kindeuws Runner, tentu tidak bisa dipisahkan dari sampah. Membuang sampah sembarangan bisa dikatakan sebagai wujud perilaku bangsa yang telah mengakar dan sulit untuk dipantau. Karena hal tersebut telah mengakar dan menjadi perilaku yang dianggap wajar, maka tak usah heran jika sampah akan ditemukan di berbagai titik, termasuk pegunungan.

Keberadaan sampah di pegunungan bukan hanya mengganggu keindahan, tetapi juga akan berpengaruh pada ekologi hutan, terutama sampah-sampah plastik yang memang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai. Waktu yang sangat lama tersebut pun belum tentu bisa mengurai plastik secara sempurna.

Ketidaksadaran penduduk akan pentingnya kebersihan inilah yang menggugah keprihatinan dari kelompok ini untuk melakukan gerakan bersih lingkungan. Berlari adalah kegiatan utama yang dijadikan kampanye dalam aksinya. Bukan hanya itu, kelompok ini pun seringkali mengadakan even terbuka yang berhubungan dengan lari dan bersih gunung.

Even yang Menyenangkan

Untuk lebih mengenal Kindeuws Runner sebagai komunitas real tentu harus diiringi dengan bentuk kegiatannya. Kegiatan terakhirnya, baru saja dilakukan pada Minggu 4 Mei 2014 lalu. Kegiatannya diberi nama 3F yang berarti Food, Fashion dan Funrun. Karena funrun, maka lari sebagai kegiatan utamanya, bukanlah perlombaan, namun cenderung pada lari sambil bermain atau senang-senang, karena tujuannya memang mencari kegembiraan. Karenanya, setiap peserta bebas jika ingin berhenti di satu titik hanya untuk berfoto atau mengabadikan momen. Dengan segala kesenangan tersebut diharapkan setiap peserta dan masyarakat akan lebih perduli terhadap lingkungannya, sebab lingkungan bersih itu lebih menyenangkan.

Add Comment