Inilah Jajanan Unik Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Jajanan Unik Khas Bandung

Jajanan Unik Khas Bandung | Foto : infotahu.wordpress.com

Berbicara masalah jajanan unik khas Bandung memang tak pernah ada habisnya. Dari sekian banyak kota, Bandung terbilang paling kreatif menciptakan aneka menu jajanan unik dan enak. Meskipun terbilang jajanan kampung dan jajanan pinggir jalan, bukan berarti rasanya biasa saja. Setelah mencoba aneka jajanan tersebut, Anda dijamin ketagihan.

Semua jajanan khas Bandung termasuk makanan yang sangat difavoritkan masyarakat Bandung maupun luar kota. Bahan dan pengolahannya sih terbilang simpel, namun rasanya dijamin membuat ketagihan. Dari sekian banyak jajanan khas Bandung, berikut ini merupakan beberapa jajanan unik Bandung paling hits dan wajib dicoba.

Inilah Jajanan Unik Khas Bandung yang Wajib Dicoba

1. Seblak Basah

Ingin mencoba jajanan kenyal dan pedas? Cobalah seblak basah khas Bandung. Seblak basah merupakan jajanan yang terbuat dari kerupuk kemplang atau sagu. Untuk membuat seblak basah, diperlukan bumbu, seperti bawang putih, kencur, cabai rawit, garam, dan penyedap rasa. Cara memasak seblak basah sangat mudah, yaitu menumis bumbu halus, lalu campurkan kerupuk dan sedikit air. Rasanya, dijamin enak banget dan bikin ketagihan.

2. Cireng

Cireng merupakan jajanan unik khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji atau aci yang diuleni dengan air panas, lalu digoreng. Sebenarnya, cireng sendiri merupakan akronim dari aci digoreng. Awalnya, jajanan ini hanya adonan aci polos yang langsung digoreng. Namun, cireng kini memiliki beberapa variasi rasa, yaitu dengan menambahkan aneka isian dalam adonan yang lebih familiar dengan cireng isi.

3. Cimol

Pernah melihat bola-bola kecil digoreng dalam wajan? Ya, inilah cimol salah satu jajanan unik Bandung yang terbuat dari adonan tepung kanji. Sebenarnya, adonan cimol hampir sama dengan adonan cireng. Bedanya, cimol dibentuk bulat-bulat kecil dan biasa ditaburi bumbu maupun saus. Yang paling enak, cimol dinikmati dengan taburan bumbu kacang bubuk dan cabai bubuk. Rasanya dijamin menggoyang lidah.

4. Cilok

Bentuknya sih bulat-bulat seperti cimol, bahkan bahan dasarnya pun sama. Bedanya, cilok diolah dengan cara dikukus. Cilok yang paling enak dan terkenal di Bandung adalah cilok BIP. Cilok ini memiliki beberapa jenis isian, mulai sosis, keju, ayam, lemak sapi, dan ati ampela. Pokoknya, semua cilok isi ini pasti membuat ketagihan. Apalagi, disajikan dengan guyuran saus pedas dan kecap. Rasanya yummy banget.

5. Gehu Hot Jeletot

Gehu merupakan jajanan yang terbuat dari tauge dan tahu, lalu dibalut tepung terigu dan digoreng. Bukan orang Bandung jika tidak bisa membuat jajanan biasa jadi istimewa. Gehu Hot Jeletot merupakan salah satu variasi tahu goreng tepung yang fenomenal di Bandung. Ciri khas penganan ini adalah isian tauge dicampur irisan wortel serta cabe rawit tumbuk. Sesuai namanya, gehu ini memiliki cita rasa super pedas sehingga pantas disebut jajanan unik khas Bandung.

Leave a Reply