Ingin Mencoba Kuliner Bandung? Yuk Simak Beragam Jajanan Unik di Bandung

Jajanan Unik di Bandung

Jajanan Unik di Bandung | Foto : resepcaramemasak.info

Beragam jajanan unik di Bandung memang selalu menjadi perbincangan hangat. Betapa tidak, Bandung memang terkenal dengan kota yang memiliki beragam makanan aneh baik dari nama mau pun dari bentuk dan cara pengolahannya. Aneh yang dimaksud tentu saja unik, sebab jarang sekali ditemukan di tempat lain. Bahkan beberapa jajanan terbilang baru yang kemudian menyebar ke berbagai daerah di sekitarnya. Selain untuk dinikmati langsung ditempat, jajanan ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berasal dari luar kota.

Ingin Mencoba Kuliner Bandung? Yuk Simak Beragam Jajanan Unik di Bandung

Berikut adalah beragam jajanan unik yang mendukung geliat pariwisata di Bandung.

Cimol

Siapa yang tak mengenal cimol? Jajanan unik di Bandung ini pernah terkenal hampir ke seluruh wilayah di nusantara. Cimol sendiri merupakan singkatan dari aci digemol yang artinya tepung kanji (aci) yang diolah menjadi penthol kecil sehingga bisa dikulum (digemol). Cimolnya sendiri sebenarnya memiliki rasa yang tak ubahnya seperti cireng (aci digoreng). Yang unik adalah cimol yang beragam, mulai dari saus sambal tomat, saus kacang, serbuk cabai, serbuk keju dan serbuk putih yang berasa gurih.

Basreng

Basreng sebenarnya merupakan singkatan dari baso goreng. Wujudnya ada dua jenis, yaitu basreng basah yang diolah langsung dari baso ikan yang dipotong-potong lalu digoreng. Yang kedua adalah basreng kering yang memiliki tekstur renyah, lebih mirip pada kerupuk atau keripik. Seperti halnya cimol, yang unik dari basreng adalah pemberian bumbunya yang bermacam-macam, terutama untuk basreng basah. Namun untuk basreng kering umumnya hanya ada dua rasa, yaitu gurih dan pedas. Kendati demikian, ada tingkatan kepedasan yang bisa dicoba pada basreng.

Keripik Singkong

Jajanan unik di Bandung ini mungkin bukan hal menarik, sebab makanan ini pasti ditemui di setiap daerah di Indonesia. Namun bagaimana jika keripik tersebut diolah dengan citarasa yang pedas hingga sangat pedas? Tentunya keripik singkong akan menjadi sesuatu yang unik. Keripik singkong seperti ini, di bandung sendiri lebih dikenal dengan nama keripik setan. Sebutan setan sendiri sebenarnya banyak versi, namun versi yang masuk akal adalah disebutnya kata “setan” sebagai umpatan atau ejekan sesaat setelah mencicipi rasa yang sangat pedas.

Keripik setan yang terkenal hingga ke pelosok Nusantara adalah Keripik Mak Icih yang memiliki level-level kepedasan tertentu. Keripik ini terkenal karena metode penjualannya yang mobile dan bisa dipantau melalui internet. Atau bisa juga dipesan secara online.

Leave a Reply