Inilah Daftar Jajanan Tradisional Unik Khas Bandung

Jajanan Tradisional Unik Khas Bandung

Jajanan Tradisional Unik Khas Bandung | Foto : mamatamy.blogspot.com

Apakah Anda pernah mencoba jajanan tradisional unik khas Bandung? Bandung memang memiliki banyak sekali jajanan tradisional yang sangat unik dan nikmat tentunya. Setiap datang ke Bandung, kurang afdol rasanya tanpa mencicipi menu jajanan tradisional kota ini. Jangan khawatir masalah harga karena semuanya dijamin murah banget.

Hampir di setiap sudut jalan, terdapat aneka jajanan tradisional Bandung yang rasanya enak banget. Jadi, tidak sulit untuk menemukan anekan jajanan unik di Bandung. Jika Anda sedang berkunjung ke kota ini, cobalah aneka jajanan tradisional khas Bandung yang dijamin enak banget dan bikin ketagihan.

Inilah Daftar Jajanan Tradisional Unik Khas Bandung

1. Basreng

Inilah menu tradisional yang sangat unik dan sederhana. Basreng merupakan kependekan dari “baso digoreng” yang berarti bahwa jajanan ini adalah baso yang disajikan dengan cara digoreng. Baso yang bulat diiris-iris tipis seperti keripik, lalu digoreng hingga kering. Biasanya, basreng disajikan dengan bumbu pedas, asin, manis, dan keju. Meskipun terbilang murah dan sederhana, jajanan ini dijamin enak banget.

2. Tahu Jablay

Mendengar namanya saja, jajanan ini memang sangat unik. Sebenarnya, tahu jablay sendiri merupakan tahu yang diptong kecil-kecil seperti dadu, lalu digoreng dengan tepung krispi. Meskipun sederhana, jajanan ini enak banget disantap selagi hangat sambil berkumpul bersama teman. Sayangnya, penjual tahu jablay di Bandung sedikit berkurang.

3. Seblak Basah

Salah satu jajanan tradisional unik khas Bandung yang booming sejak 2011-an adalah seblak basah. Berbahan dasar kerupuk sagu ditambah bumbu halus campuran cabai rawit, bawang putih, dan kencur, jajanan ini menjadi sangat populer di kalangan remaja yang mungkin sebelumnya gengsi memakan seblak basah. Saking boomingnya, banyak restoran yang menambahkan seblak basah sebagai menu andalan. Namun, tetap saja seblak ala resto tidak senikmat seblak pinggir jalan.

4. Bandros

Di Bandung, bandros merupakan salah satu jajanan favorit yang nikmat dan tentu saja murah meriah. Bandros terbuat dari campuran tepung terigu dan santan kelapa yang diberi penyedap rasa. Bandros dimasak dengan cara dipanggang di atas cetakan cekung yang di atasnya ditaburi parutan kelapa. Bandros akan lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

5. Combro

Combro merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari singkong parut yang di dalamnya diisi sambal oncom. Sesuai namanya, combro berarti ‘oncom di jero’ yaitu oncom yang dimasukkan dalam adonan singkong berbentuk bulat pipih. Combro dimasak dengan cara digoreng dan sangat lezat disantap selagi hangat. Pokoknya, combro pantas banget disebut jajanan tradisional unik khas Bandung yang wajib dicoba.

Leave a Reply