Inilah 5 Jajanan Tahu Paling Unik di Bandung

Jajanan Tahu Paling Unik di Bandung

Jajanan Tahu Paling Unik di Bandung | Foto : www.rebon.org

Jajanan Bandung memang terkenal unik-unik, salah satunya jajanan tahu paling unik di Bandung. Tahu merupakan jenis lauk yang sangat baik untuk kesehatan karena kaya kandungan protein. Sebagai lauk, tahu biasanya diolah dengan cara digoreng, semur, dan pepes. Namun, tahu ternyata bisa dijadikan menu jajanan unik dan yang pasti enak banget.

Salah satu jajanan tahu goreng yang paling terkenal adalah tahu sumedang. Bukan hanya di Sumedang, tahu goreng yang gurih dan renyah ini terkenal di berbagai kota besar Indonesia. Selain tahu goreng sumedang, ada 5 jajanan tahu unik di Bandung yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota mode ini.

Inilah 5 Jajanan Tahu Paling Unik di Bandung

1. Tahu Jablay

Jangan berpikir ngeres dulu karena tahu jablay sama sekali tidak ada hubungannya dengan jablay yang satu itu. Tidak ada yang tahu pasti kenapa tahu ini disebut jablay, namun nama itu tiba-tiba terlontar dari sekumpulan anak muda yang sedang menikmati jajanan ini. Tahu jablay adalah tahu yang dipotong kecil-kecil seperti dadu, lalu digoreng kering. Sangat nikmat disantap selagi hangat sambil ngumpul bersama teman.

2. Tahu Brintik

Mendengar namanya, Anda boleh jadi sangat asing dengan jajanan satu ini. Namun, tahu brintik ini sebenarnya tahu sumedang yang digoreng dengan tepung. Setelah matang, goreng tahu dilumuri mayonnaise dan saus tomat atau saus cabai. Sensasi yang muncul dari tahu brintik ini adalah pedas manis. Rasanya yang nikmat dan murah meriah membuat jajanan tahu paling unik di Bandung ini cocok banget dijadikan pengganjal perut.

3. Tahu Gejrot

Pernahkah Anda menikmati tahu gejrot? Tahu gejrot adalah jajanan tahu yang terbuat dari tahu sumedang goreng disajikan dengan bumbu seperti rujak rujak. Sebelum dicampur bumbu, tahu goreng dipotong kecil-kecil menyerupai dadu, lalu diletakkan di atas cobek kecil yang berisi ulekan bumbu sambal pedas manis. Tahu gejrot ini seger banget sehingga cocok untuk mengobati pusing dan mual.

4. Tahu Hot Jeletot

Tahu hot jeletot ini pada dasarnya adalah gehu yang bercita rasa sangat pedas. Umumnya, gehu hanya tahu yang diisi toge, dilumuri adonan tepung, lalu digoreng. Selain toge, ada tambahan isi dari tahu hot jeletot ini, yaitu irisan wortel, irisan kol, dan tentu saja sambal cabai. Rasa pedas dari jajanan tahu inilah yang melatarbelakangi penamaan hot jeletot, yaitu rasa pedas yang bikin lidah meletot.

5.  Tahu Bulat

Pada dasarnya, bentuk tahu yang sangat familiar adalah kotak. Namun, ada inovasi baru dalam bentuk tahu yang menjadikannya sebagai jajanan unik, yaitu tahu bulat. Sama seperti tahu lainnya, tahu bulat terbuat dari kedelai sehingga rasanya tidak jauh berbeda. Tahu bulat diolah dengan cara digoreng garing dan sangat enak disajikan hangat. Bentuknya yang unik membuat tahu bulat disebut jajanan tahu paling unik di Bandung.

Leave a Reply