Ini Dia 3 Jajanan Manis Tradisional Khas Bandung

Jajanan Manis Tradisional Khas Bandung

Jajanan Manis Tradisional Khas Bandung | Foto : en.wikipedia.org

Jajanan manis tradisional khas Bandung memang sangat banyak. Namun, dari sekian banyak jajanan manis khas Bandung, ada beberapa jajanan manis yang terkenal enak banget. Meskipun merupakan jajanan tradisional, bukan berarti jajanan manis ini memiliki cita rasa biasa saja. Bahan dasar sederhana dipadu pengolahan sederhana membuat jajanan manis ini cukup menyita perhatian.

Jika Anda termasuk pencinta makanan manis dan tengah berkunjung ke Kota Bandung, tidak ada salahnya untuk mencoba cita rasa sederhana yang berkesan dari jajanan manis tradisional. Berikut ini merupakan jajanan manis tradisional khas Bandung yang bisa menjadi referensi berburu kuliner manis.

Ini Dia 3 Jajanan Manis Tradisional Khas Bandung

1. Colenak

Colenak Khas Bandung

Colenak Khas Bandung | Foto : www.aii-ness.com

Bandung memang terkenal dengan oleh-oleh peyeumnya. Peyeum atau tape merupakan bahan dasar pembuatan colenak. Colenak dibuat dari tape singkong yang dibakar, lalu diguyur saus kinca dan kelapa parut. Tape bakar ini sangat nikmat dicocol dengan kinca dan kelapa sehingga dinamai colenak yang berarti ‘dicocol enak’. Jajanan tradisional ini sudah ada sejak 1930-an.

Meskipun merupakan jajanan tradisional, colenak memiliki banyak penggemar dari kalangan warga Bandung maupun luar kota. Salah satu tempat jajan colenak paling terkenal di Bandung adalah Colenak Murdi Putra di Jl. Ahmad Yani No. 733. Usaha ini dijalankan secara turun-temurun dan tidak pernah kehilangan penggemar.

2. Kue balok

Kue balok

Kue balok | Foto : travel.detik.com

Kue balok merupakan jajanan manis khas Bandung yang sudah ada sejak 1960-an. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung terigu dan susu, lalu dipanggang di atas cetakan berbentuk balok. Sebenarnya, kue balok mirip dengan kue pukis tetapi ukurannya lebih besar. Karena bentuknya seperti balok, disebutlah kue balok.

Jajanan ini sangat cocok dinikmati sebagai teman minum kopi pagi hari. Ukurannya yang besar membuat kue ini disebut “jibeuh” atau “hiji sebeuh” alias satu pun kenyang. Kue balok dapat ditemui dengan mudah di warung kopi pinggir jalan, namun yang paling terkenal di Bandung ada di Simpang Gandok (pertigaan Jl. Ciumbuleuit dan Jl. Cihampelas).

3. Awug

Awug

Awug | Foto : masak-apa-ya.blogspot.com

Satu lagi jajanan manis tradisional khas Bandung yang wajib dicoba, yaitu awug. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Awug ditempatkan dalam cetakan bambu dengan cara berlapis antara tepung serta gula dan parutan kelapa. Awug sangat enak disantap selagi hangat untuk teman santai sore hari.

Di Bandung, penjual awug paling terkenal dan enak ada di Jl. Cibeunying sehingga disebut Awug Cibeunying. Tempat awug yang sudah berjualan sejak 1980-an ini selalu ramai pelanggan karena rasanya yang enak. Tidak salah jika Awug Cibeunying masuk daftar jajanan manis tradisional khas Bandung yang sangat wajib dicoba.

Add Comment