Pelestarian Lingkungan Kota Bandung Bersama Forum Hijau Bandung

Forum Hijau Bandung

Forum Hijau Bandung | Foto : www.bccf-bdg.com

Forum Hijau Bandung yang terbentuk pada 12 februari 2009 adalah wadah silaturahmi yang terbuka untuk umum. Wadah ini bermaksud untuk memfasilitasi beragam komunitas atau kelompok yang berkepentingan dalam pelestarian lingkungan. Kendati merupakan wadah yang terbuka untuk umum, namun forum ini dikelaola dengan sistem manajemen dan aturan yang disepakati bersama.

Manajemen yang dimaksud adalah, pola-pola kegiatan yang lebih ditekankan pada sinergi, kerjasama antar program dari beragam komunitas atau kelompok pelestari lingkungan. Dengan terjadinya kerjasama dan sinergi tersebut, maka pelestarian lingkungan Bandung akan terkelola secara berkesinambungan.

Forum Hijau Bandung (FHB), terbentuk setelah melalui pembicaraan dan diskusi antar pemangku jabatan (stakeholder) yang fokus pada lingkungan, khususnya lingkungan di Kota Bandung. Pembicaraan tersebut menemui titik temu berupa pembentukan dan deklarasi FHB pada workshop Eco-Hotel Rating.

Pelestarian Lingkungan Kota Bandung Bersama Forum Hijau Bandung

Tujuan FHB

Sebagai sebuah forum, tentu saja FHB merupakan wadah yang menampung segala ide dan sarana penyebaran informasi anggotanya tentang masalah lingkungan. Termasuk beragam program yang memiliki kaitan erat dengan lingkungan yang dicanangkan oleh partisipan sebagai individu mau pun organisasi atau lembaga. Sebagai wadah informasi, tentu saja forum ini bertujuan untuk memberikan keluasan jaringan terhadap anggotanya dalam usaha pelestarian lingkungan di kota Bandung.

Kegiatan

FHB memiliki kegiatan rutin yang berlaku untuk semua anggotanya sebagai bentuk keterikatan terhadap forum ini. Kegiatan rutin tersebut dilakukan setiap dua minggu sekli pada hari senin pukul 18.30 WIB, untuk membicarakan program apa saja yang akan dilakukan anggota atau partisipan. Dengan kata lain, dalam pertemuan rutin ini  FHB sama sekali tidak membuat program, sebab program dibuat langsung oleh anggotanya.  Kedudukan FHB dalam pertemuan ini adalah mendukung dan membantu program-program tersebut agar bersinergi dengan program lain yang sedang berjalan.

Dalam pertemuan ini juga semua isu dan permasalahan lingkungan Kota Bandung terkini bisa dibicarakan. Tak jarang, dari serangkaian pertemuan yang telah dilakukan, program-program baru tentang lingkungan dibicarakan. Sebagai gambaran, program lingkungan yang lebih banyak dibicarakan, menyoroti pada masalah edukasi lingkungan.

Edukasi ini sejalan dengan kurikulum lingkungan hidup di sekolah-sekolah yang bernama Pendidikan Lingkungan hidup. Mengenai bentuk kongkretnya, tentu diserahkan kembali pada masing-masing stake holder atau partisipan yang ikut dalam pertemuan tersebut. Tertarik untuk mengikuti dan mengenal lebih jauh tentang Forum Hijau Bandung, hadir langsung dalam pertemuan rutin tentu saja sangat dianjurkan.

Add Comment