Dife Cannary BF, Komunitas Breeder dari Priangan Timur

Dife Cannary BF

Dife Cannary BF | Foto : caraternak.info

Dife Cannary BF sebenarnya merupakan nama dari peternakan burung kenari yang menjadi motivator atas keberhasilannya dalam beternak dan memasarkan kenari. Bukan hanya itu, peternakan burung ini pun bisa dikatakan sebagai pelopor yang membuka forum pecinta dan peternak kenari di Priangan. Tujuannya adalah untuk membuka komunikasi antara pecinta dan peternak kenari bagaimana merawat sekaligus memasarkan kernari. Sehingga merawat burung bukan lagi menjadi hobby tetapi merujuk juga pada bagaimana mendapatkan penghasilan yang layak dari hobby tersebut.

Dife Cannary BF, Komunitas Breeder dari Priangan Timur

Fasilitator

Dife Cannary BF bisa dikatakan juga sebagai fasilitator dalam hal pemasaran hasil ternak kenari. Hal itu berkaitan dengan koperasi yang telah dibentuknya, di mana setiap anggotanya bisa menitipkan hasil tangkarannya untuk dijual, tentunya dengan kesepakatan harga yang telah dibicarakan sebelumnya.

Keanggotaan

Hingga saat ini, setidaknya ada puluhan bahkan ratusan anggota yang tergabung dalam komunitas ini. Mayoritas dari anggotanya tersebut adalah peternak atau breeder kenari yang tidak hanya berasal dari Bandung Timur, tetapi juga dari wilayah dan kota-kota lain di sekitar Bandung.

Seperti telah diulas di atas, pembentukkan koperasi ternyata menjadi sarana pemasaran utama dalam komunitas ini. Pemasaran yang tidak hanya memenuhi kebutuhan wilayah Bandung dan Priangan, tetapi hingga ke luar Jawa seperti Sumatera atau Kalimantan. Karenanya wajar jika luasnya pemasaran ini secara langsung menumbuhkan semangat bagi anggotanya. Sebab satu-satunya kesulitan dalam beternak burung bukanlah cara atau metode beternak, tetapi justru pada pemasaran.

Uniknya, komunitas ini membagi keanggotaan berdasarkan group-group besar yang terdiri dari 10 peternak. Pembagian group ini dilakukan berdasarkan wilayah keanggotaannya. Tujuannya adalah untuk membagi dan memudahkan jalur pemasaran agar tidak terpusat hanya pada satu atau beberapa wilayah saja. dengan demikian, jaringan pemasaran akan semakin kuat dan jelas.

Burung yang Ditangkar

Burung yang ditangkar meliputi beragam jenis kenari. Mulai dari persilangan F1 dan F2, F2 dan F3, F1 dan F3 atau perkawinan hybrid antara jenis Lizard dengan Gloster, Yorkshire dengan F1 dan seterusnya. Menurut komunitas ini, semua jenis kenari pada dasarnya bagus yang menentukan hanyalah masalah perawatan.

Namun demikian ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penangkaran, seperti pemilihan indukan, cara perjodohan hingga pembesaran yang harus dilakukan melalui sistem manajemen dan disiplin yang baik. Hal inilah yang menyebabkan anggota koperasi komunitas ini mampu menghasilkan anakan kenariĀ  yang baik. Anakan kenari yang baik tentu saja akan berbanding lurus dengan harga yang kemudian ditawarkan.

Itulah sekilas tentang Dife Cannary BF yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply