Berwisata dan Belajar Bersama Beberapa Komunitas di Bandung

Berwisata dan Belajar Bersama

Berwisata dan Belajar Bersama | Foto : bandungcreativecityforum.wordpress.com

Berwisata dan belajar bersama bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, termasuk dengan masuk dan mengikuti beragam kegiatan yang ditawarkan oleh komunitas. Di Bandung, ada beberapa komunitas yang memasilitasi kegiatan belajar yang dilakukan sambil berwisata. Kegiatan semacam ini, bisa dikatakan sebagai cara efektif dalam pembelajaran. Sebab manusia pada umumnya cenderung memiliki tingkat kebosanan dan stress yang cukup tinggi saat belajar di dalam ruangan dengan suasana formal.

Berwisata dan Belajar Bersama Beberapa Komunitas di Bandung

Begitu pun dengan ilmu dan pengetahuan yang diberikan, tak semua pengetahuan bisa didapat dan diberikan dalam pelajaran formal di sekolah. Berikut adalah beberapa komunitas unik di Bandung yang bisa dikatakan menggunakan konsep berwisata dan belajar bersama.

Komunitas Aleut

Kebanyakan orang mungkin menganggap komunitas ini sebagai hanya sebagai komunitas bermain. anggapan tersebut tidak salah, sebab komunitas ini memang menitikberatkan kegiatannya pada acara jalan-jalan. Namun, siapa sangka dalam kegiatan ini beragam ilmu dan pengetahuan bisa didapat. Semisal sejarah tentang lokasi tertentu, sejarah bangunan tua, sejarah naa-nama jalan dan sebagainya. Dengan kata lain, bermain dalam komunitas ini, bukan hanya berjalan-jalan atau sekadar mengisi waktu luang, tetapi mengungkap segala sesuatu yang ada dalam lokasi bermainnya sebagai objek pembelajaran.

Bicons

Adalah komunitas yang menekankan pada konservasi burung dan ekologinya di kota Bandung. Beberapa kegiatan yang menjadi agenda komunitas ini, bisa dinikmati dan diikuti oleh masyarakat umum. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya kelestarian burung dan lingkungan.

Banyak wisatawan yang mengikuti kegiatan rutin di minggu pagi berupa pengamatan burung. Kegiatan ini bisa diikuti siapa pun yang berada di Taman Ganesha setiap minggu pagi pukul 07.00 hingga 10.30 WIB. Berwisata sambil mengamati burung di kota besar, mungkin akan menjadi pengalaman menarik yang tak akan terlupakan.

Fakta Bahasa

Komunitas ini terdiri dari anggota yang menyenangi bahasa asing, terutama bahasa Rusia. Kegiatan belajar di komunitas ini sangat berbeda dengan komunitas lain yang sejenis. Perbedaan mendasarnya adalah lokasi belajar yang dilakukan di restoran cepat saji atau cafe-cafe yang ada di Bandung. belajar sambil bergaul, seperti itulah moto yang diusung anggota komunitas ini. Dengan demikian, belajar dan berekreasi atau berwisata bukan lagi hal yang tak biasa dalam komunitas ini. Selain komunitas-komunitas tersebut, masih banyak lagi komunitas lainnya yang mengelaborasikan wisata dan pendidikan dalam kegiatannya.

Itulah sekilas pembahasan tentang berwisata dan belajar bersama Komunitas di Bandung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply