Berwisata Sambil Berburu Buku di Kota Bandung

Berburu Buku di Kota Bandung

Berburu Buku di Kota Bandung | Foto : bandungtraveler.com

Berburu buku di Kota Bandung, sebenarnya bisa dilakukan sambil berwisata. Mencari buku di toko-toko buku, mungkin hanya sebatas buku-buku baru atau buku-buku populer. Namun, bagaimana dengan buku yang mungkin sudah tidak lagi dicetak? Atau buku-buku yang cukup penting namun sudah tak tersedia lagi di toko buku?

Pecinta buku mungkin akan lebih memilih untuk mengunjungi penjual buku bekas. Hal itu sangat mungkin, namun bisa jadi juga menjadi alternatif terakhir. Terlepas dari alternatif utama atau terakhir, di Bandung sendiri terdapat banyak toko buku yang menjual buku-buku lama yang sudah jarang bahkan tak lagi beredar di pasaran. termasuk juga lokasi buku-buku bekas yang wajib untuk dikunjungi.

Berwisata Sambil Berburu Buku di Kota Bandung

Palasari

Palasari adalah kompleks atau pasar buku murah yang ada di jalan Palasari Bandung. Pasar buku ini, kerap dijadikan rujukan bagi mahasiswa baru untuk mencari buku yang diinginkannya. Beragam buku mulai dari cetakan terbaru, cetakan lama hingga buku yang sudah tidak lagi diproduksi bisa didapat di pasar ini. Yang diperlukan hanyalah kesabaran atau jika ingin mendapatkan buku yang diinginkan dengan cara cepat, bertanya sepertinya cara paling tepat.

Namun demikian, bertanya sepertinya alternatif terakhir yang bisa dilakukan, sebab pemburu buku umumnya lebih memilih mencari sambil membaca. Perilaku seperti ini, kadang membuat pemburu lebih tertarik pada buku-buku lainnya. Dengan kata lain, buku yang dicari kerap tak didapat karena terganti oleh bacaan baru yang didapatnya. Namun, di sinilah keunikan sebenarnya dari berburu buku. Bukanlah buku buruan yang menjadi target, tetapi lebih pada kepuasan. Lantas, di masa saja tempat berburu buku di kota Bandung?

Ultimus

Toko buku ultimus sebenarnya toko buku kecil yang jauh dari kesan toko buku dan lebih menunjukkan kesan perpustakaan. Hal itu wajar, mengingat toko buku ini merangkap juga sebagai tempat berkumpulnya pemikir dan calon pemikir di ranah akademisi.

Penikmat buku, terutama mereka yang cenderung mengarah pada “aliran kiri”, pasti akan terkesima melihat koleksi buku yang terpajang di toko buku ini. Bukan hanya itu, toko buku ini pun kerap digunakan sebagai tempat berdiskusi hingga peluncuran buku.

Buku Bekas

Di mata pecinta buku, tak ada istiliah yang merujuk pada buku bekas. Yang ada hanyalah buku langka atau buku lama. Seperti halnya barang langka lain di mata kolektor, buku langka adalah harta tak ternilai yang bisa dimiliki, terutama jika didapat dengan harga yang sangat murah. Beberapa tempat untuk berburu buku di Kota Bandung ini adalah buku Jalan Dewi Sartika, Jalan Cikapundug, Jalan Cihapit dan satu tempat di emperan Cicadas (Jl. A. Yani , tepat  di seberang Kandaga Computer Center).

Leave a Reply