Seni Menangkap Cahaya Bersama Barudak Urban Light Bandung

Barudak Urban Light Bandung

Barudak Urban Light Bandung | Foto : indieurban99.blogspot.com

Barudak Urban Light Bandung atau BULB adalah komunitas fotografi di Bandung yang fokus pada light art fotografi. Komunitas ini berdiri pada 6 november 2010 dengan tujuan untuk mewadahi seniman dan pecinta fotografi yang memiliki kesamaan minat terhadap light art fotography.

Light art fotography bisa dikatakan sebagai salah satu seni dalam fotograpi sebagai teknik atau cara menangkap cahaya melalui kamera. Hasil dari tangkapan kamera tersebut adalah foto atau gambar berupa efek-efek cahaya yang sama sekali berbeda saat dilihat melalui mata telanjang. Gambar berefek seperti ini, tentu memiliki nilai seni yang sangat tinggi, bukan hanya dilihat dari segi keindahan tetapi juga dari teknik menangkap fokus. Sebab, dalam fotografi sendiri fokus adalah hal utama yang bisa menggambarkan tema atau menceritakan objek yang ditangkapnya. Untuk bisa menghasilkan gambar berefek cahaya semacam ini, salah satu teknik yang dikembangkan dan dipelajari dalam komunitas ini adalah Slow Shutter.

Seni Menangkap Cahaya Bersama Barudak Urban Light Bandung

Moto

“When light becomes a brush, air becomes a canvas and camera as a media” adalah moto yang dipegang oleh Barudak Urban Light Bandung ini. Dari moto tersebut, jelas bahwa yang sebaran cahayalah yang menjadi objek terpenting dalam komunitas ini. Cahaya, tentunya akan menyebar dan menjadi spektrum dalam udara yang diibaratkan sebagai kanvas saat dilihat dengan mata telanjang. Cahaya berupa spektrum tersebut, tentunya hanya bisa ditangkap dan diabadikan melalui tangkapan kamera.

Kegiatan

Hunting adalah kegiatan utama yang dilakukan, seperti juga pada komunitas fotografi pada umumnya. Hunting dalam komunitas ini dilakukan setiap dua minggu sekali di hari jum’at. Area huntingnya adalah ruang-ruang terbuka di kota Bandung. Namun seringkali mereka hunting di taman-taman Bandung seperti taman Lansia, Taman Musik, Taman Cempaka, Babakan Siliwangi atau Taman Cibeunying.

Secara intern, BULB memberikan edukasi tentang fotografi yang baik dan benar bagi para anggotanya. Tujuannya sudah tentu untuk mencetak fotografer yang handal dan berwawasan luas di bidang fotografi.

Untuk mengintip seperti apa saja kegiatannya, bisa dilakukan melalui media sosial terutama facebook dan Twitter. Sebab, melalui media sosial inilah, BULB menginformasikan sekaligus menyosialisasikan kegiatan yang akan dilakukan dan sudah dilakukan. Kendati belum memiliki situs resmi, namun eksistensi Barudak Urban Light Bandung sebagai komunitas tak bisa dianggap remeh, baik di antara komunitas fotografer mau pun di antara komunitas unik dan kreatif lain yang ada di kota Bandung.

Add Comment