Bandung Kayak Community, Melestarikan Lingkungan Lewat Kayak

Bandung Kayak Community

Bandung Kayak Community | Foto : www.bccf-bdg.com

Bandung Kayak Community adalah wadah bagi mereka yang  memiliki kesamaan minat pada olahraga kayak. Olah raga kayak adalah bagian dari olahraga arus deras (ORAD) yang menggunakan kayak sebagai peralatan utamanya. Dalam komunitas ini, anggota, bisa belajar atau mendalami bagaimana teknik bermain kayak yang benar sekali gus keselamatannya. Sebab olah raga arus deras ini, bukan hanya membutuhkan adrenalin yang tinggi tetapi juga safety prosedure yang benar dan ketat.

Bandung Kayak Community, Melestarikan Lingkungan Lewat Kayak

Sekolah Kayak

Sekolah kayak adalah program utama yang digelar Bandung Kayak Community setiap tahunnya. Dalam sekolah ini, setiap peserta akan diberikan pengetahuan tentang teknik-teknik dasar permainan dan keselamatan. Olahraga yang syarat akan adrenalin ini, memang merupakan olahraga ekstrim yang membutuhkan bukan hanya keberanian, tetapi juga pemahaman dan penerapan sklill tinggi untuk menunjang keselamatannya.

Bagi mereka yang belum pernah menggunakan kayak, menaikinya saja mungkin akan menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan. Hal ini wajar, sebab menggunakan kayak bukan hanya berhubungan dengan keseimbangan, tetapi koordinasi tubuh yang baik. Keseimbangan dibutuhkan agar kayak tidak terguling. Sedangkan koordinasi tubuh dibutuhkan agar kayak bisa melaju di atas air dan di derasnya arus. Koordinasi pun dibutuhkan untuk membalikkan kayak jika sewaktu-waktu terguling (flip). Sebab, dalam keadaan ini, badan dan kepala pengendali kayak berada di bawah. Tanpa koordinasi tubuh yang benar, kayak tak akan kembali pada posisi yang benar. kondisi seperti inilah yang seringkali membahayakan pengguna kayak.

Kayak dan Pelestarian Lingkungan

Komunitas yang lebih banyak menggunakan alam ini, tentu memiliki perhatian yang lebih pada lingkungan sebagai sarana bermainnya. Pemahaman ini sangat logis, sebab tanpa didukung oleh lingkungan, kayak tak akan bisa dimainkan secara maksimal.

Arus sebagai fasilitas alami dalam permainan ini, bukan hanya terbentuk oleh struktur dan penampang sungai, namun lebih pada ketersediaan air (debit air). Seperti diketahui bahwa, ketersediaan air di sungai-sungai sangat bergantung pada sumbernya yang berada di hulu. Semakin banyak sumber air yang keluar, semakin tinggi juga debit air yang dihasilkan. Karenanya, menjaga dan melestarikan lingkungan, adalah satu-satunya upaya untuk menjaga debit dan ketersediaan air sungai. dengan demikian eksistensi kayak bisa bertahan.

Bukan hanya itu, menjaga lingkungan pun sangat berkaitan dengan kebersihan. Sebab, olahraga sungai (arus deras) ini akan lebih nyaman dan aman jika dilakukan pada sungai-sungai yang bersih. Karenanya wajar, jika Bandung Kayak Community ini sangat peduli terhadap lingkungan hidup.

Add Comment