Rekomendasi Tempat Wisata Ziarah di Bandung

Wisata Ziarah di Bandung

Wisata Ziarah di Bandung | Foto : www.humasbatam.com

Anda termasuk orang yang rajin melakukan kegiatan ziarah? Beberapa tempat wisata ziarah di Bandung bisa menjadi pilihan kegiatan ziarah Anda dan keluarga. Tujuan utama dari ziarah sebenarnya adalah untuk mendoakan orang yang sudah meninggal yang makamnya diziarahi. Walau tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang mengaharapkan berkah dengan melakukan ziarah.

Rekomendasi Tempat Wisata Ziarah di Bandung

Ziarah memang sudah menjadi hal yang umum dilakukan di Indonesia. Di berbagai tempat di Indonesia umumnya memiliki lokasi ziarah yang akan sangat ramai pada saat-saat tertentu misalnya pada bulan Maulud. Selain menjadi tempat wisata ziarah, tempat-tempat tersebut juga menjadi tempat untuk para pedagang sekitar meraup rezeki seperti berjualan makanan, cinderamata, minuman, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa tempat wisata ziarah di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Di antaranya sebagai berikut.

1. Kampung Mahmud

Wisata Religi Di Kampung Mahmud

Wisata Religi Di Kampung Mahmud | Foto : www.disparbud.jabarprov.go.id

Kampung Mahmud merupakan sebuah kampung yang memiliki beberapa makam yang dikeramatkan oleh warga setempat. Tidak hanya warga setempat, orang-orang dari luar kampung tersebut pun sering datang untuk berziarah. Lokasinya berada di pinggir Sungai Citarum dan terletak tidak jauh dari Dayeuhkolot yang pada zaman dahulu pernah menjadi ibukota dari Bandung. Sepanjang bulan Maulud, Kampung Mahmud selalu ramai terutama ketika memasuki malam Jumat Kliwon. Keadaan Kampung Mahmud bisa dikatakan seperti pasar malam.

2. Ziarah Wali Habbib Ayyib Muhammad bin Salim Assagaf

Ziarah Wali Habbib Ayyib Muhammad bin Salim Assagaf

Ziarah Wali Habbib Ayyib Muhammad bin Salim Assagaf | Foto : waliyuallahliveforever.blogspot.com

Habbib Ayyib Muhammad bin Salim Assagaf merupakan salah satu wali yang berjasa terhadap umat Islam yang berada di Indonesia. Lokasinya terletak di Taman Pemakaman Umum Cibarunai, Sarijadi Bandung. Makamnya bersih dan ditumbuhi oleh rumput hijau dengan batu nisan di atasnya. Makamnya yang luas akan memudahkan para peziarah untuk duduk mendoakan sang Habbib.

Habbib Ayyib Muhammad bin Salim Assagaf merupakan seseorang yang mengabdikan dirinya untuk mengajar dan banyak berjasa untuk umat Islam Indonesia. Berkunjung dan berziarah ke makam Habbib ini tentunya dilakukan dengan niatan untuk mendoakan beliau serta mengenang jasa dan perjuangannya. Bila Anda berkunjung pada malam hari, tidak perlu khawatir karena di sekitar makam disediakan penerangan.

Wisata ziarah di Bandung bisa menjadi pilihan wisata yang sifatnya lebih religius. Berwisata ziarah akan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menyadari bahwa hidup di dunia itu hanya sementara dan terus mendoakan mereka yang sudah berpulang. Selain kedua tempat ziarah tersebut, masih ada beberapa tempat ziarah lainnya yang bisa Anda kunjungi di Bandung. Selamat berwisata ziarah!

 

Add Comment