Awug dan Colenak, Wisata Kuliner Bandung Favorit

Wisata Kuliner Bandung Favorit

Wisata Kuliner Bandung Favorit | Foto : tanteenton.blogspot.com

Wisata kuliner Bandung favorit bagi setiap orang tentunya berbeda-beda. Bandung yang memang kaya dengan kulinernya memberikan kesan bagi setiap wisatawan. Ada banyak jenis kuliner yang tersedia di Bandung, termasuk awug dan colenak. Kedua jenis kuliner tersebut termasuk kuliner favorit di Bandung. Rasanya yang manis dan ciri khasnya yang menggunakan gula merah membuat rasa dari kedua jenis jajanan tersebut banyak diburu.

 Awug dan Colenak, Wisata Kuliner Bandung Favorit

Jajanan awug dan colenak di Bandung cukup banyak. Hanya saja, ada beberapa tempat penjualan awug dan colenak yang memang sudah terkenal karena rasanya yang enak dan banyak pelanggan yang membeli di kedua tempat tersebut.

Awug Cibeunying

Awug Cibeunying

Awug Cibeunying | Foto : knicknackstrip.blogspot.com

Awug Cibeunying terletak di Jalan Cibeunying di pinggir Jalan Ahmad Yani. Awug sendiri merupakan makanan khas tanah Sunda yang terbuat dari beberapa bahan. Bahan pembuat awug di antaranya tepung beras, gula merah, dan juga kelapa. Awug umumnya dibuat berlapis-lapis antara tepung beras dengan gula merah. Saat penyajian biasanya ditaburi dengan parutan kelapa. Maknan manis satu ini lebih nikmat bila disantap ketika masih hangat.

Awug Cibeunying merupakan tempat penjualan awug yangsudah lama beroperasi. Dibuka sejak tahun1980an, Awug Cibeunying masih menjadi favorit sampai sekarang. Bahkan ketika sore hari tiba, banyak orang yang bahkan harus antri terlebih dahulu untuk bisa menikmati awug hangat yang manis dan enak. Warung Awug Cibeunying ini buka setiap hari dari pukul 16.00 sampai 21.00.

Colenak Murdi Putra

Colenak Murdi Putra

Colenak Murdi Putra | Foto : www.liniberita.com

Kuliner favorit lainnya dari Bandung adalah colenak. Colenak merupakan jenis penganan yang terbuat dari tape singkong yang dibakar kemudian disajikan dengan gula merah cair (kinca) dan parutan kelapa. Colenak sendiri merupakan kependekan dari dicocol enak. Colenak Murdi Putra meruapakan penjual colenak yang secara turun temurun dilakukan oleh keluarga. Colenak didagangkan pertama kali oleh Murdi, seorang pribumi sejak tahun 1930an.

Colenak Murdi Putra bisa didapatkan di temaptnya langsung yang beralam di Jalan Ahmad Yani No. 733, Bandung. Colenak Murdi juga masih bissa ditemukan di beberapa supermarket dan toko kue di Bandung. Rasa colenak yang lezat dan legit tentunya tetap banyak dicari itulah mengapa jenis kuliner tradsional satu ini bisa bertahan sampai sekarang. Colenak juga menjadi salah satu wisata kuliner Bandung favorit yang wajib dicoba.

Wisata kuliner Bandung favorit belum afdol bila tidak langsung dicoba. Oleh karena itu, bila Anda berwisata ke Bandung, sempatkanlah untuk mencicipi awug dan colenak khas Bandung ini ya! Selamat menikmati!

Leave a Reply