Wisata Heritage Bandung yang Bermanfaat dan Berharga

Wisata Heritage Bandung

Wisata Heritage Bandung | Foto : uniqpost.com

Berbicara tentang wisata heritage Bandung, maka akan terarah pada beberapa bangunan bersejarah yang sampai sekarang masih kokoh berdiri dan masih digunakan. Bangunan bersejarah memang harus tetap dijaga keutuhannya selain sebagai sebuah saksi sejarah, bangunan-bangunan tersebut juga bisa menjadi tempat untuk belajar tentang sejarah secara langsung.

Wisata Heritage Bandung yang Bermanfaat dan Berharga

Ada banyak bangunan bersejarah di Bandung. Hal tersebut membuat wisata heritage Bandung akan terasa menyenangkan dan kaya manfaat. Beberapa bangunan bersejarah tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Gedung Sate

Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung | Foto : www.igcomputer.com

Siapa yang tidak mengenal bangunan satu ini. Gedung yang menjadi ciri khas Bandung tersebut dibangun pada tahun 1920 dan diberi nama Gedung Sate karena memiliki bagian ornamen yang menyerupai tusuk sate. Bentuk seperti tusukan sate tersebut menjadi simbol untuk besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membangun gedung tersebut. Pada masa itu, uang yang digunakan adalah Gulde yang merupakan mata uang Belanda. Gedung sate saat ini digunakan sebagai gedung perkantoran untuk pemerintah Provinsi Jawa Barat dan halamannya sering dijadikan tempat untuk masyarakat berkumpul pada hari minggu.

2. Gedung Merdeka

Gedung Merdeka

Gedung Merdeka | Foto : http://www.rentalmobiljaya.com

Gedung Merdeka merupakan bangunan bersejarah lainnya di Bandung yang tepatnya terletak di Jalan Asia Afrika No. 65. Gedung yang pada tahun 1955 diberi nama Gedung Merdeka oleh Bung Karno ini pada awalnya bernama Gedung Societeit Concordia. Gaya arsitektur Belanda sangat terasa pada bangunan ini. Gedung Merdeka ini pernah menjadi tempat berlangsungnya konferensi Asia Afrika yang pada waktu itu dipimpin oleh Bung Karno. Di dalam Gedung Merdeka sendiri terdapat museum bersejarah yang menyimpan gong besar, rekaman suara dari Bung karno, dan masih banyak lagi.

3. Vila Isola

Vila Isola

Vila Isola | Foto : bukuygkubaca.blogspot.com

Vila Isola merupakan salah satu bangunan bersejarah yang memiliki gaya arsitektur Art Deco. Letaknya berada di kompleks Universitas Pendidikan Indonesia di kawasan Setiabudi. Ketika Jepang masih menduduki Indonesia, Vila Isola pernah menjadi tempat sementara dari Jendral Hitoshi Imamura ketika akan dilaksanakannya Perjanjian Kalijati di Subang, Maret 1942. Vila Isola masih terawat dengan baik. Bangunan bersejarah dengan gaya arsitekturnya yang khas tersebut menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Wisata heritage Bandung memang menarik dan sayang jika dilewatkan. Selain ketiga bangunan bersejarah di atas, masih ada bangunan-bangunan bersejarah lainnya yang tidak kalah unik dan menarik. Oleh karena itu, silakan berkunjung ke Bandung dan rasalakanlah suasana sejarah di sekitar bangunan-bangunan bersejarah di Bandung.

Add Comment