Museum Geologi, Tempat Wisata Geologi Di Bandung

Wisata Geologi Di Bandung

Wisata Geologi Di Bandung | Foto : pujidarmawan.wordpress.com

Salah satu tempat wisata geologi di Bandung yang terkenal adalah Museum Geologi Bandung. Museum Geologi Bandung menyediakan berbagai sejarah ilmu bumi serta berbagia material geologi seperti fosil dan batuan yang berasal dan ditemukan di wilayah Indonesia. Museum Geologi juga umum menjadi tempat tujuan karyawisata sekolah. Museum Geologi Bandung menjadi destinasi wisata di kota Bandung yang menyuguhkan tempat wisata yang menarik sekaligus kaya akan ilmu pengetahuan khususnya tentang geologi.

Museum Geologi, Tempat Wisata Geologi Di Bandung

Museum Geologi Bandung berada di Jalan Diponegoro nomor 57 tepat di jantung kota Bandung. Keberadaannya yang strategismembuat setiap orang bisa dengan mudah mencapai lokasi museum ini. Selain itu, bangunan-bangunan di sekitar Museum Geologi Bandung pun tidak kalah menarik salah satunya adalah Gedung Sate yang menjadi salah satu bangunan yang terkenal di Bandung.

Museum Geologi Bandung merupakan sebuah bangunan yang terdiri dari dua lantai. Museum ini terbagi ke dalam beberapa ruangan yang memamerkan informasi dan koleksi sejarah geologi. Pembagian ruangan tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Ruangan di lantai I di antaranya, (a) Ruang Orientasi yang berisi peta geografis dari Indonesia yang ada dalam bentuk layar lebar, (b) Ruang Sayap Barat berisi informasi mengenai pembentukan bumi, informasi jensi-jenis batuan, susunan tektonik regional, dan kondisi geologi beberapa pulau di Indonesia, dan (c) Ruang Sayap Timur berisi sisa-sisa makhluk hidup serta beberapa gambaran.

2. Ruangan di lantai 2 di antaranya, (a) Ruang Tengah berisi tiruan tambas emas Grasberg di Papua, (b) Ruang Timur berisi tujuh runag kecil berbeda yang masing-masing memberikan informasi mengenai sisi positif dan negatif cabang ilmu geologi kepada masyarakat, dan (c) Ruang Barat berisi runag kerja dari para staf museum.

Melakukan wisata geologi di Bandung khusunya di Museum Geologi Bandung akan memberikan pengalaman wisata tersendiri. Tidak hanya kepuasan menikmati liburan, tetapi juga wisatawan terutama anak-anak dan pelajar juga mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

Tempat-tempat wisata seperti Museum Geologi Bandung ini memang harus cukup sering dikunjungi agar keberadaannya bisa tetap dinikmati dan dirasakan generasi mana pun. Wisata geologi di Bandung memberikan kepuasan berlibur yang kaya manfaat. Oleh karena itu, mari rencanakan liburan ke Bandung yang salah satunya berkunjung ke Museum Geologi Bandung. Rasakan pengalaman liburan yang menyenangkan dan bermanfaat. Selamat berlibur!

Leave a Reply