Bergaya dan Berkarya dengan Vespa Antique Club Bandung

Vespa Antique Club Bandung

Vespa Antique Club Bandung | Foto : vac1993.on.paseban.com

Kendaraan tua memang masih digemari khalayak. Salah satu kendaraan tua yang memiliki banyak penggemar adalah vespa. Banyak komunitas vespa yang bermunculan, termasuk di Bandung. Salah satu komunitas vespa yang eksis di Bandung adalah Vespa Antique Club (VAC).

Bergaya dan Berkarya dengan Vespa Antique Club Bandung

VAC berdiri pada tanggal 28 Oktober 1993 di Bandung. Komunitas ini, sesuai namanya merupakan kumpulan para pemilik dan penggemar kendaran vespa, terutama vespa yang dapat dikatakan antik. Vespa antik ini bisa dinilai dari tahun pembuatan, bentuk modifikasi, dan sematan asesoris. Vespa memang merupakan kendaraan eksotis yang melahirkan banyak komunitas besar. Salah satu komunitas besar yang merupakan kumpulan penunggang vespa adalah Mod.

VAC sendiri cukup besar di Bandung dan telah diakui Vespa International. Tercatat ada ribuan anggota dari komunitas ini. Jumlah ini jelas cukup besar, mengingat vespa merupakan kendaraan ‘jadul’. Untuk menjadi anggota dari VAC kita tidak perlu menempuh jalur yang ribet. Syarat utama untuk menjadi anggota VAC adalah mempunyai SIM C dan telah berusia minimal 17 tahun. Anggota VAC juga berasal dari berbagai kalangan. Beberapa elemen masyarakat yang menjadi anggota VAC berasal dari para pekerja pemerintahan, kepolisian, pengajar, mahasiswa, hingga selebriti.

Motor vespa dari anggota Vespa Antique Club memiliki tanda khas. Salah satu tanda khas adalah adanya lambang “register” dan logo VAC pada tebeng depan. Salah satu ciri khas lain dari VAC adalah dengan mempertahankan bentuk motor sesuai dengan keluaran awalnya. Kebijakan ini memang berbeda dari beberapa komunitas vespa lain yang berusaha merombak habis tunggangannya.

Selain berkumpul dan bertukar informasi seputar vespa, komunitas ini juga melakukan banyak kegiatan sosial. Mereka selalu melakukan penggalangan dana bagi korban bencana alam dan sumbangan sosial lainnya. Mereka biasa melakukan koordinasi yang cepat di media sosial jika ada bencana alam melanda Indonesia.

VAC juga memiliki catatan rekor yang unik. Mereka pernah memegang rekor MURI, dengan memarkirkan 100.000 vespa di Taman Mini Indonesia, tahun 2010. Mereka juga meraih rekor menaiki Gunung Merapi dengan menggunakan vespa. VAC juga merupakan komunitas biker yang diperkenankan mengunjungi Taman Makan Pahlawan Cikutra dan melakukan tabur bunga di sana.

Komunitas ini memang cukup solid. Mereka selalu mengumpulkan dana dari para anggota untuk diwujudkan dalam setiap kegiatan. Jika tertarik dengan Vespa Antique Club maka kita bisa bergabung dengan mendatangi kantor pusatnya di Jalan Natuna No. 35. Jika masih di bawah 17 tahun dan belum memiliki SIM C, atau tidak punya vespa, tetap bisa bergabung. Kita bisa ikut dalam berbagai kegiatan sosial atau saat kumpul-kumpul berbagi informasi tentang vespa.

Leave a Reply