Yuk Coba Nikmati Gurihnya Steak Angsa di Saung Galuma Bandung!

Steak Angsa

Steak Angsa | Foto : www.sendokgarpu.com

Steak dari daging sapi, ayam, bahkan kambing sudah banyak dijual di berbagai tempat makan. Namun tentu masih belum banyak steak yang memakai bahan dasar daging angsa.  Menu ini memang masih langka dan belum memiliki penggemar yang besar. Namun jika penasaran, kita bisa coba rasakan gurihnya steak angsa di Saung Galuma.

Yuk Coba Nikmati Gurihnya Steak Angsa di Saung Galuma Bandung!

Saung Galume menyediakan menu makanan ini karean ingin beda dengan yang lain. Menu hewan unggas besar lain seperti bebek dan entog sudah banyak ditemukan di Bandung, namun angsa belum ada. Salah satu mitos yang beredar karen daging angsa konon lebih anyir dibandingkan dengan daging entog atau bebek. Namun ternyata jika diolah seksama, bau anyir dari angsa bisa hilang.

Salah satu bagian tubuh yang dimasak biasanya adalah dadanya. Daging dada perlu diberi campuran khusus agar anyir dan kealotannya bisa hilang. Salah satu cara untuk menghilangkan anyir adalah dengan merendam daging angsa dengan rendaman air jeruk nipis selama hingga setengah jam. Setelah perendaman ini baru daging angsa diolah lebih lanjut.

Bumbu untuk membuat steak angsa tidak berbeda jauh dengan steak daging lain. Beberapa bahan yang biasa dipakai adalah telur, tepung terigu, tepung panir, dan perasa. Daging angsa yang sudah direndam itu akan dipukul-pukul sambil dibubuhi bumbu penyedap  yang sudah tercampur. Hal ini dilakukan agar daging lebih tipis dan alot serta juga agar bumbu penyedap bisa meresap ke dalam daging. Setelah dirasa meresap, maka daging akan dicampurkan dengan tepung terigu. Setelah itu daging akan dicelupkan pada telur yang telah dikocok. Setelah ini daging akan dicampurkan dengan tepung panir hingga rata. Tepung panir ini yang membuat kulit steak menjadi renyah.

Daging angsa yang telah dibumbui dan dilumuri tepung ini kemudian digoreng dengan margarin sampai bewarna kecokelatan. Menu steak ini biasa disuguhkan dengan sayuran, kentang goreng, dan kuah barbeque. Kita bisa langsung mencoba rasakan gurihnya steak angsa di Saung Galuna. Steak daging angsa ini memiliki tekstur yang sedikit lebih alot dibandingkan denga daging sapi. Steak daging angsa di Saung Galuna sendiri memiliki rasa rempah yang pas.

Jika ingin mencoba rasakan gurihnya steak angsa di Saung Galuna, maka kita bisa merogoh kocek sebesar  Rp 29 ribu-Rp 35 ribu. Harga ini tidak terlalu mahal jika mengingat jarangnya tempat makan yang menyediakan menu makanan dari daging angsa.

Leave a Reply