Mengenal Perhimpunan Amatir Foto, Komunitas Foto Tertua di Indonesia

Perhimpunan Amatir Foto

Perhimpunan Amatir Foto | Foto : www.lanoviawedding.com

Dunia fotografi akhir-akhir ini semakin diminati, terutama karena makin terjangkaunya alat untuk berfoto. Sudah banyak komunitas fotografi di Indonesia. Komunitas ini sudah memiliki pengaruh dan karya yang diakui hingga ke luar negeri. Namun ada satu komunitas foto tertua di Indonesia, yang sudah berumur 90 tahun. Komunitas tua ini bernama Perhimpunan Amatir Foto (PAF). PAF sudah berdiri sejak tanggal 15 Ferbruari 1924 di Hotel Grand Preanger.

Mengenal Perhimpunan Amatir Foto, Komunitas Foto Tertua di Indonesia

Komunitas penggemar fotografi ini pada awalnya digagas oleh guru-guru besar dari Technische Hogeschool Bandung. Beberapa pendiri dari PAF adalah Prof. Wolf Schoemaker dan Prof. Schermamhorn. Komunitas ini sempat naik turun, terutama saat terjadi Perang Kemerdekaan di Indonesia. Nama Perhimpunan Amatir Foto sendiri dipakai sejak tahun 1956. Logo dari komunitas ini yang berbentuk segilima mengikuti asas Pancasila. Logo ini dibuat oleh mantan Direktur RRI Bandung, RM. Hartoko.

Komunitas tua ini ternyata masih eksis. Mereka banyak berkumpul di basecamp, Kompleks Banceuy Permai A-17. Di tempat ini, anggota komunitas PAF dan penggemar fotografi bsia berkumpul dan berbagi informasi serta pengalaman. Anggota Perhimpunan Amatir Foto memang tersebar ke dalam berbagai kalangan. Anggota juga tidak dibagi dari mereka yang profesional atau yang menggemari fotografi sebagai hobi saja. Mereka sama-sama berbagi ilmu dan informasi seputar fotogradi di PAF.

Selain berkumpul, komunitas foto tertua di Indonesia ini juga sering mengadakan perlombaan dengan mengumpulkan foto dari anggota-anggotanya. Foto-foto ini kemudian akan dinilai oleh juri dengan standar dan kriteria tertentu. Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap bulan. Selain itu, ada juga tradisi berkumpul rutin para anggota PAF setiap hari Rabu minggu ketiga. Kegiatan ini sudah dilakukan secara rutin sejak tahun 1976. PAF juga mengadakan berbagai kegiatan lain seperti pemotretan model dan foto studio. Pemotretan model biasanya dilakukan setiap tanggal 7 setiap bulan sedangkan foto studio diadakan setiap tanggal 28.

Perhimpunan Amatir Foto  juga sudah sejak lama dikenal oleh publik Bandung. Mereka sering diundang menjadi juri dalam berbagai perlombaan foto di Bandung dan sekitarnya. Mereka juga sering dipercaya oleh berbagai pihak untuk mengadakan lomba fotografi. Salah satunya adalah menyelenggarakan lomba foto Bandung Air Show dan juga lomba foto Kawah Putih. Komunitas foto tertua di Indonesia ini memang sudah berumur, namun masih tetap menancapkan kukunya di dunia fotografi nasional.

Leave a Reply