Paguyuban Tato Bandung, Mengakrabkan Masyarakat dengan Seni Tato

Paguyuban Tato Bandung

Paguyuban Tato Bandung | Foto : citizenmagz.com

Bagi kebanyakan orang, seni tato pada tubuh diidentikan dengan kenakalan bahkan kejahatan. Banyak orang yang bertato dianggap memiliki jalan hidup yang salah dan harus dijauhi. Padahal ada banyak orang yang menganggap tato merupakan seni dan tidak ada hubungannya dengan kejahatan. Salah satu pihak yang berusaha mengakrabkan masyarakat dengan seni tato adalah Paguyuban Tato Bandung atau yang sering disingkat menjadi PTB.

Paguyuban Tato Bandung, Mengakrabkan Masyarakat dengan Seni Tato

PTB memang belum lama berdiri, tepanya pada tanggal 9 Agustus 2010. PTB merupakan tempat untuk menyatukan orang yang berminat dengan tato, baik itu artis tato, kolektor tato, atau seniman tato.  Mereka bisa berkumpul dan berbagi informasi di dalam PTB. Seringkali mereka juga berbagi kreasi seputar seni tato.

Walau belum lama berdiri, PTB sudah diterima publik. Ada puluhan orang yang terdaftar sebagai anggota komunitas ini. Orang yang bergabung dengan PTB itu berasal dari berbagai kalangan. Mereka memandang tato merupakan bentuk seni dan bukanlah suatu hal yang negatif.

PTB memang terbuka bagi semua orang yang menyukai tato. Paguyuban ini menerima seorang seniman tato jalanan sampai mereka yang sudah memiliki studio tato. Mereka biasa berkumpul saat Paguyuban Tato Bandung mengadakan kegiatan insidental atau rutin.

Tato memang sekarang ini lebih dipandang sebagai suatu yang berseni, dan bukan simbol kegagahan atau premanisme. Terbukti banyak wanita juga yang memasang tato di tubuhnya. PTB juga berusaha agar citra tato semakin diterima. Karena itu mereka mengingatkan anggotanya untuk tidak berbuat onar di publik. Sekali citra tercoreng, maka akan susah untuk memulihkannya. Walaupun yang berbuat onar hanya satu orang bertato, namun semua orang bertato akan dituduh memiliki kecenderungan berbuat serupa.

PTB memang berusaha untuk mengakrabkan masyarakat dengan seni tato. Karena itu, gambar tato yang dihasilkan juga tidak selalu yang seram. Banyak tato yang dimiliki anggota PTB memiliki bentuk yang unik, lucu, dan lain daripada yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada korelasi pasti antara tato dengan karakter seseorang.

Paguyuban Tato Bandung memang baru saja tumbuh, namun niatanya untuk mengakrabkan masyarakat dengan seni tato sudah mulai nampak hasilnya walau belum maksimal. Orang bertato sudah mulai tidak distigmakan negatif, walaupun bagi sebagian orang pemikiran ini masih susah diubah.

Itulah sekilas informasi mengenai PTB atau perkumpulan orang-orang yang mencintai seni tato. Semoga dengan adanya penjelasan kali ini, dapat membuka pemikiran Anda mengenai seni tato.


Add Comment