Menikmati dan Belajar Membuat Karya Seni Tinggi di NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park | Foto : www.wego.co.id

Berbicara mengenai NuArt Sculpture Park, tentu kurang lengkap jika tidak mengenal sejarah dan pendirinya. Salah satu pematung kebanggaan Indonesia adalah I Nyoman Nuarta. Seniman patung ini lahir di Tabanan Bali dan lulus dari Fakultas Seni Rupa ITB pada tahun 1979. Dia mulai terkenal saat memenangkan lomba patung proklamator Indonesia di tahun 1979.

Menikmati dan Belajar Membuat Karya Seni Tinggi di NuArt Sculpture Park

I Nyoman Nuarta telah menghasilkan ratusan patung dengan gata natural. Dia banyak membuat patung itu dari bahan dasar kuningan dan tembaga. Berbagai karyanya sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia dan menjadi koleksi di dalam dan luar negeri. I Nyoman Nuarta juga rajin mengadakan pameran, baik di dalam atau luar negeri.

I Nyoman Nuarta memang telah diakui di dunia seni patung internasional. Dia telah bergabung dalam beberapa organisasi seni patung internasional seperti Royal British Sculpture Society, International Sculpture Center Washington, dan Steering Committee for Bali Recovery Program. I Nyoman Nuarta juga mendesain berbagai trofi untuk kerjuaraan olahraga. Beberapa trofi yang dihasilkannya adalah Piala Liha Dunhill tahun 1994 dan trofi National Basketball League musim 2011-2012.

I Nyoman Nuarta juga memiliki sebuah galeri seni di Bandung yang bernama NuArt Sclupture Park. Galeri ini sudah dibuka sejak tahun 100-an dan berada di utara Bandung, tepatnya di Jalan Jalan Setra Duta Kencana II No. 11. Galeri yang berdiri di atas lahan seluar 3 hektar ini memang cocok bagi Anda yang menyukasi karya seni patung dna lukisan.

Anda yang menyukai karya seni patung dan lukisan, ada baiknya mengunjungi NuArt Sculpture Park di Bandung. Galeri seni ini merupakan galeri patung dan lukisan milik Nyoman Nuarta, seorang seniman dari Bali yang lama telah menetap di Bandung. NuArt Sclupture Park memang sering dijadikan tempat pameran dan diskusi. NuArt Sclupture Park merupakan salah satu tempat berkumpul pada seniman, kurator, pecinta seni, dan desainer di Bandung.

Galeri seni ini terdiri atas bangunan yang merupakan landmark taman. Di NuArt Sclupture Park terdapat galeri dua lantai tempat memamerkan karya patung dan lukis. Lantai satu dari galeri ini khusus untuk karya Nyoman Nuarta. Sedangkan lantai dua bisa dipakai untuk pameran seniman lain yang bersifat temporer. Di galeri seni milik I Nyoman Nuarta juga ada Craft Boutique yang menjual berbagai miniatur dari karya Nuarta dan seniman lain, baik dari dalam atau luar negeri.

Salah satu keunikan lain dari NuArt Sculpture Park adalah pengunjung bisa membuat karya seni sendiri, baik itu berupa lukisan, patung, atau batik. Ada kursus singkat yang bisa diikuti oleh pengunjung dari pengajar dan staf di galeri seni I Nyoman Nuarta. Galeri seni juga menyediakan cafe yang menyediakn berbagai menu masakan, terutama yang andalan adalah Nasi Campur dan Balinese Bebek Crispy.

Leave a Reply