Menjaga Kelestarian Musang Bersama Musang Bandung Community

Musang Bandung Community

Musang Bandung Community | Foto : musangbandung.blogspot.com

Hewan yang sering dijadikan peliharaan biasanya adalah kucing, anjing, atau kelinci. Musang Bandung Community (MBC) mencoba sesuatu dengan memelihara musang. Walaupun jarang, namun musang termasuk hewan yang lucu jika telah dipelihara. Musang ternyata tidak kalah dengan kucing dan anjing jika telah dijadikan hewan peliharaan.

Menjaga Kelestarian Musang Bersama Musang Bandung Community

MBC memang belum lama berdiri. Komunitas ini baru saja berdiri pada bulan Mei 2012. Pada awalnya, komunitas ini hanya berniat untuk melestarikan populasi musang yang sudah jarang. Hal ini dikarenakan banyak warga yang memburu hewan ini karena dianggap hama. Di beberapa tempat daging musang masih dikonsumsi tanpa memperhatikan jumlah populasinya di alam liar.

MBC berharap dengan adanya komunitas mereka, maka warga semakin perhatian terhadap musang. Heran peliharaan sebenarnya hanya persepsi. Jika musang sudah dianggap sebagai hewan peliharaan yang lucu, maka akan banyak orang yang segan memburunya. Hal ini terlihat dari bagaimana orang memerlakukan kucing.

Musang memang belum sepopuler hewan peliharaan lain seperti kucing dan kelinci. Karena itu, kerja Musang Bandung Community untuk mempopulerkan musang tidaklah mudah. Walau begitu, dengan semangat keras sudah ada ratusan orang bergabung dengan komunitas ini. Dalam beberapa kegiatan bisa ada 100 orang yang turut menyosialisasikan musang kepada publik. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat Car Free Day atau kegiatan di Museum Perjuangan. MBC berusaha mengenalkan pada publik bahwa musang merupakan hewan yang bisa dipelihara. Musang bisa dijadikan peliharaan yang lucu dan tidak mengganggu.

MBC memang rutin mengadakan kegiatannya. Biasanya mereka berkumpul di Car Free Day, Balai Kota, atau Gazibu. Mereka biasanya mengadakan gathering setiap minggu. Mereka rajin mengulik berbagai jenis musing yang ada di Indonesia dan cara memeliharanya dengan benar. Musang memang bukan semata hewan buas dan bisa dijinakkan. Jika manusia ramah kepada hewan maka hewan juga tidak akan mengganggu.

Selain sosialisasi, MBC juga mengadakan berbagai kegiatan seperti lomba tentang musang. Beberapa lomba yang pernah dilakukan adalah kontes kostum pemilik dan musang serta ada pertunjukkan keahlian musang. Jika ingin lebih tahu mengenai komunitas ini kita bisa mengunjungi laman facebook mereka di Musang Bandung Community. Selain itu kita bisa juga langsung mengunjungi basecamp mereka di Kompleks PLN Cigereleng, Mohamad Toha. Diharapkan dengan makin kenalnya warga dengan musang maka populasi hewan ini di alam liar bisa tertolong.

Leave a Reply