Sejarah Singkat Mall Palaguna Bandung

Mall Palaguna Bandung

Mall Palaguna Bandung | Foto : www.panoramio.com

Dahulu sekali, Bandung terkenal dengan sebuah mall bernama Mall Palaguna Bandung. Mall yang terletak di  kawasan utama Bandung, yakni alun-alun Bandung ini dulunya adalah tempat paling ramai dan menjadi ikonik di kota Bandung. Sayangnya, mall ini tinggal kenangan. Sekitar tahun 2011, mall ini sudah ditutup untuk umum. Tidak ada lagi aktivitas dalam Mall ini. Mall ini benar-benar mati.

Sejarah Singkat Mall Palaguna Bandung

Matinya Mall Palaguna tentu menjadi ironi tersendiri. Hal ini karena Palaguna adalah salah satu mall yang cukup bersejarah. Sebelum Bandung terkenal dengan kawasan BIP, Ciwalk, dan mall lainnya, Mall Palaguna  lah yang merupakan tempat terkenal di Bandung.  Kabarnya, mall ini adalah mall pertama yang didirikan di Bandung. Karena alasan inilah, “kematian” mall ini menjadi sebuah ironi.

Sewaktu masa jayanya, Mall Palaguna adalah tempat paling asyik untuk berbelanja. Mall ini menjadi tujuan utama orang Bandung. Apalagi di Mall ini terdapat hiburan bioskop, yakni Bioskop Palaguna dan Nusantara. Bioskop ini selalu ramai dan banyak orang Bandung yang menonton film di tempat inil

Palaguna Perlahan Sepi

Situasi berubah ketika BIP mulai didirikan di kota Bandung. Pengunjung Mall Palaguna Bandung menjadi berkurang. Orang Bandung banyak yang lebih memilih untuk datang ke BIP atau Bandung Indah Plaza karena tempatnya lebih modern. Di mall ini pun terdapat bioskop yang lebih nyaman sehingga hal ini berpengaruh terhadap jumlah pengunjung Palaguna.

Memasuki era milenium, mall ini semakin sepi saja. Toko dan kios yang dulunya ramai  satu per satu mulai tutup. Berdirinya pusat perbelanjaan lain menjadi pemicu dari semakin berkurangnya pengunjung di tempat ini. Satu-satunya yang membuat tempat ini tetap hidup adalah keberadan bioskop Palaguna dan Nusantara. Banyak pengunjung yang masih mendatangi tempat ini karena menawarkan harga bioskop yang lebih murah dibandingkan dengan bioskop di tempat lain.

“Kematian” Palaguna

Tahun berganti tahun, jumlah pengunjung mall ini menjadi semakin berkurang. Aktivitas toko yang aktif hanya ada di lantai satu. Itupun tidak semua toko dan kios buka.  Puncaknya, ketika Bandung sudah punya ikon baru semacam Ciwalk dan Trans Studio Mall, tempat ini benar-benar ditutup. Fasilitas pengunjung bioskop yang sudah sepi dan aktivitas bisnis di lantai satu,  membuat mall ini harus “mengubur” namanya.  Sementara untuk bangunannya sendiri akan direvitalisasi dan baralih fungsi menjadi mall dan hotel.

Itulah sejarah singkat Mall Palaguna Bandung.  Semoga informasi tentang mall di Bandung ini menambah wawasan pembaca.

One Response

  1. Hadi September 11, 2014

Leave a Reply