Memotret dengan Cara Unik dan Murah dengan Komunitas Pinhole Bandung

Komunitas Pinhole Bandung

Komunitas Pinhole Bandung | Foto : bandung200photofest.wordpress.com

Berbicara mengenai Komunitas Pinhole Bandung, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengenal cara memotret. Cara memotret dengan cara lubang jarum sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Teknik semacam ini merupakan cikal bakal penemuan kamera modern. Namun, masih banyak orang yang tidak familiar dengan teknik fotografi ini, terutama di Indonesia. Komunitas Lubang Jarum Indonesia atau Pinhole Bandung, berusaha memperkenalkan teknik klasik ini kepada masyarakat.

Memotret dengan Cara Unik dan Murah dengan Komunitas Pinhole Bandung

Kamera pinhole memang sudah lama ditemukan. Kita bisa melacak dalam berbagai literatur seputar sejarah fotografi untuk mengenal kamera pinhole. Pinhole merujuk pada lubang jarum yang ada di badan kamera. Lubang ini dipakai untuk menangkap gambar ke layar.

Kamera pinhole memang memakai lubang kecil dengan diameter sekitar 0,03 cm. Lubang yang sebesar ukuran jarum pentul ini dipakai untuk merekam gambar. Bentuk badan kamera sendiri beragam, asalkan bisa menghasilkan ruang gelap dengan adanya lubang jarum ini. Kamera lubang jarum ini biasanya memiliki panel untuk membuka dan menutupi lubang.

Prinsip menangkap gambar dari kamera pinhole memang sederhana. Kamera ini bisa dibuat dari berbagai barang, asalkan bisa membuat ruang gelap dan juga bisa menyimpan kertas. Banyak anggota komunitas Pinhole Bandung yang memanfaatkan barang bekas untuk membuat kamera pinhole. Beberapa bahan yang sering dipakai sebagai bahan kamera adalah kaleng, kardus bekas, sampai potongan kayu. Bahan ini haruslah tidak tembus cahaya dan memiliki tempat untuk memasang kertas foto.

Komunitas yang satu ini berusaha masuk ke pasar kawula muda yang gemar sesuatu yang baru dan unik. Komunitas ini sudah berdiri di Bandung sejak tahun 2002. Jumlah anggota komunitas yang setia menggunakan kamera pinhole ini sudah mencapai puluhan orang. Namun komunitas ini memilih tidak memakai struktur organisasi baku dengan ada ketua, wakil, dan seterusnya.
Komunitas ini memang hanya sebagai wadah hobi sehingga tidak mengikat dan memaksa anggotanya. Walau begitu, komunitas Pinhole Bandung selalu aktif membuat workshop. Baru saat workshop inilah banyak anggota Pinhole yang menyempatkan waktu untuk datang.

Workshop memang rutin dilakukan komunitas ini untuk mengenalkan kamera pinhole. Mereka juga sering mengadakan pameran untuk memajang hasil karya dengan kamera pinhole. Pinhole Bandung berusaha juga menggaet minat anak-anak, karena pemakaian kamera pinhole relatif mudah dan murah.

Dalam workshop, kita bisa mengenal dan mempraktikkan cara berfoto dengan kamera pinhole. Kita akan diajari berbagai tahap, mulai dari menyiapkan kamera, memasukkan kertas foto, mengambil objek gambar, sampai memproses gambar tersebut. Syarat lain dari berfoto dengan kamera pinhole adalah imajinasi dan kreativitas.

Cara mengambil gambar juga cukup mudah, walau tidak sesimpel kamera digital. Kita hanya perlu membuka penutup lubang jarum dan mengarahkan pada objek. Kita hanya perlu menunggu selama beberapa detik, tergantung tingkat cahaya, kemudian menutup lubang itu kembali. Kita bisa menambah informasi seputar kamera pinhole dan kegiatan Komunitas Pinhole Bandung ini dengan melihat akun twitter mereka, @PinholeBDG.

Leave a Reply