Komunitas PERI Bandung, Berkreasi dan Berkarya dengan Kertas

Komunitas PERI Bandung

Komunitas PERI Bandung | Foto : mafiapaper.blogspot.com

Komunitas PERI Bandung bukanlah komunitas yang berisi para penggila sosok peri yang sering muncul di dongeng anak-anak. PERI merupakan singkatan singkatan dari Paper Replika Indonesia. Komunitas ini merupakan wadah diskusi dan berkarya yang memakai bahan dasar kertas. Mereka sudah menghasilkan berbagai desain dan juga pameran karya.

Komunitas PERI Bandung, Berkreasi dan Berkarya dengan Kertas

PERI Bandung merupakan bagian dari komunitas PERI nasional yang berpusat di Indonesia. Para anggota PERI ini pada awalnya memiliki hobi yang sama, yaitu membuat model dari plastik. Namun harga plastik model semakin mahal. Karena alasan inilah banyak anggota yang melirik bahan papercraft, atau kertas. Walau memakai bahan dasar yang berbeda, mereka berusaha membuat model dan kreasi yang sama.

PERI Bandung bermarkas di kawasan Binong Jati. Komunitas ini memang menjadi tempat berkumpul, berkreasi, dan berkarya dengan kertas. Salah satu kreasi yang telah dihasilkan oleh PERI Bandung adalah replika dari Gedung Sate. Kertas yang  sederhana ternyata bisa dijadikan berbagai aneka model yang menarik. Beberapa aneka model yang dihasilkan di komunitas PERI Bandung adalah model pesawat, mobil, motor, robot, replika manusia, wayang, sampai gedung bersejarah.

Kertas itu dikombinasikan dengan berbagai bahan yang tidak kalah sederhana. Alat yang dipakai juga sederhana, dengan gunting dan lem merupakan yang utama. Jika desain dan model yang dibuat lebih rumit, biasanya perlu dipakai cutter, cutting map, dan cutting pen. Alat-alat ini dipakai untuk membentuk dan menyusun bahan-bahan sampingan selain kertas.

Walau masih baru, anggota PERI Bandung sudah lumayan banyak. Saat ini ada sekitar 400 orang terdaftar sebagai anggota komunitas. Selain menjadi wadah bertukar ide dan informasi, PERI Bandung juga sering diundang untuk mengisi pelatihan dan workshop di berbagai sekolah. Mereka menularkan cara berkreasi dan berkarya dengan bahan kertas kepada anak-anak. Selain kreatifitas, hal lain yang perlu dipunyai adalah ketelitian dan niat untuk menyelesaikan karya. Membuat karya yang baik dari bahan kertas memang membutuhkan kecermatan dan ketabahan. Selain itu, beberapa anggota komunitas juga sering menerima tawaran proyek membuat replika sesuatu.

Komunitas PERI Bandung memang banyak berkreasi dan berkarya dengan bahan kertas. Namun mereka juga bisa membuat model dengan bahan lain. Jika kita tertarik dan ingin mencoba berkreasi dan berkarya dengan bahan kertas bersama PERI maka bisa memantau akun twitter @peribdg atau grup facebook, perikertas.

Leave a Reply