Melompat Berpacu Adrenalin dengan Komunitas Parkour Bandung

Komunitas Parkour Bandung

Komunitas Parkour Bandung | Foto : www.parkourbandung.com

Parkour merupakan salah satu olahraga dan bela diri unik asal Perancis. Olahraga ini telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia dan Bandung. Komunitas Parkour Bandung merupakan komunitas bagi para penggila parkour di Kota Bandung dan sekitarnya. Parkour Bandung lahir pada tanggal 23 Agustus 2008, saat banyak para praktsi parkour yang melakukan latiah bersama.

Sebelum komunitas ini berdiri, sudah banyak kelompok dan individu yang berlatih parkour. Namun mereka biasanya berlatih secara terpisah dan tidak rutin. Lewat forum www.parkourindonesia.web.id baru mereka mengadakan latihan bersama pertama kali.

Melompat Berpacu Adrenalin dengan Komunitas Parkour Bandung

Parkour Bandung bertujuan sebagai tempat bertukar informasi, menyatukan dan membina perkembangan parkour di Bandung khususnya. Parkour Bandung selalu mengadakan latihan rutin yang sudah terjadwal dengan baik. Setiap latihan ini selalu ada sesi khusus bagi para pemula yang belum pernah melakukan parkour. Parkour memang olahraga yang menarik dan unik sehingga banyak orang yang berminat melakukannya.

Latihan yang rutin memang merupakan salah satu kegiatan dari Parkour Bandung. Olahraga ini memang menekankan kedisiplinan dan keamanan yang tinggi. Setiap tahunnya, peserta latihan rutin yang diadakan Parkour Bandung selalu bertambah. Peserta yang ikut dalam latihan rutin bisa mencapai ratusan orang. Komunitas Parkour Bandung memang terbuka bagi orang awam. Komunitas ini memiliki tim instruktur yang memiliki pengalaman dan kemampuan untuk melatih olahraga ini dengan baik. Beberapa instruktur bahkan memiliki sertifikat internasional dalam olahraga parkour.

Parkour Bandung juga merupakan sumber informasi mengenai parkour. Parkour Bandung secara aktif mencari dan menghimpun informasi dari berbagai media. Parkour Bandung juga sering bekerja sama dengan instansi dan mengadakan sosialisasi parkour. Sosialisasi ini bisa dalam bentuk workshop, eksebisi, seminar, sampai kegiatan sosial. Sudah banyak media massa, fotografer, dan pembuat film yang mendokumentasikan kegiatan parkour di Bandung.

Parkour Bandung sangat perhatian pada anggota dan orang yang ingin berlatih bersama. Mereka mengadakan agenda Girls Day Out, acara yang khusus ditujukan pada peserta parkour wanita. Kegiatan dan program yang ada disesuaikan dengan selera wanita. Selain itu ada juga program Natural Challenge, latihan fisik dan parkour di alam bebas.

Parkour Bandung sudah beberapa kali menjadi penyelenggara dan tuan rumah Jamming Nasional Parkour Indonesia. Event ini biasanya mengundang praktisi dan ahli pakour dari luar negeri. Beberapa praktisi yang pernah diundang adalah Thomas Couetdic dan Stephane Vigroux, instruktur dari Parkour Generations London dan merupakan murid dari David Belle, penemu parkour. Komunitas Parkour Bandung terus berkarya dan berkreasi untuk mengembangkan dan mengenalkan olahraga parkour di Indonesia.

One Response

  1. aldy May 27, 2016

Leave a Reply