Ngulik Musik Elektronik Bersama Komunitas Openlabs

Komunitas Openlabs

Komunitas Openlabs | Foto : twitter.com

Komunitas Openlabs masih terhitung baru. Komunitas anak muda ini banyak berhubungan dengan dunia musik, khususnya elektronik. Komunitas ini resmi berdiri pada bulan Maret 2008. Sekretariat komunitas ini berada di Common Room, Jalan Kyai Gede Utama. Selama perjalanan komunitas ini, sudah muncul banyak band-band terkenal di Bandung, diantaranya adalah Bottlesmoker, Europe de Tropen, Texture, Azturiaz, Sylap, atau Damin Tilada.

Ngulik Musik Elektronik Bersama Komunitas Openlabs

Memang kebanyakan kegiatan Openlabs berhubungan dengan musik elektronik. Namun dalam praktiknya, komunitas ini sering membahas banyak hal di luar musik elektronik. Beberapa bidang yang sering dibahas di komunitas ini adalah foto atau lukisan. Selain berkumpul, berdiskusi, dan berkarya, komunitas ini juga mengadakan berbagai kegiatan. Salah satu program tahunan dari komunitas ini adalah NuSabstance. Kegiatan ini merupakan sebuah festival tahunan. Dalam festival ini akan ada berbagai acara termasuk workshop, pameran, talkshow, diskusi, serta konser musik. Mereka berusaha mencari cara dan media kontemporer untuk berkarya.

Kegiatan lainnya adalah event tiga bulanan yang bernama Ostand. Event ini dimaksudkan untuk memperkenalkan musisi atau visualist yang ada di Komunitas Openlabs. Mereka juga mengerjakan beberapa album kompilasi dari berbagai musisi yang ada di Openlabs. Mereka juga membuat program radio yang berisi diskusi dengan publik mengenai program yang ada di Openlabs. Materi pembahasan ini tidak hanya mengenai musik, namun juga foto, film, dan gaya hidup.

Anggota komunitas berasal dari berbagai kalangan, kebanyakan mahasiswa. Beberapa anggota aktif dari Openlabs merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan, diantaranya komunikasi, desain, seni musik, sastra, hukum, dan arsitek. Komunitas ini bersifat terbuka sehingga semua orang bisa bergabung. Openlabs secara terbuka menerima siapa saja yang berkeinginan bergabung dengan komunitas ini.

Komunitas ini memang sudah mulai dilirik media. Hal ini membuat komunitas ini semakin terkenal. Namun di sisi lain, banyak orang yang mungkin merasa sungkan untuk bergabung. Jika ingin tahu, sebenarnya komunitas ini terbuka bagi siapa saja yang datang ke sekretariat mereka. Komunitas ini rutin mengadakan pertemuan setiap hari Kamis malam di Common Room. Mereka biasa melakukan diskusi mengenai banyak hal, tidak hanya musik elektronik.

Karena itu, bagi yang penasaran dengan musik elektronik dan aliran kontemporer lainnya, bisa langsung datang ke sekretariat Komunitas Openlabs. Openlabs selalu terbuka sehingga jangan malu untuk berkenalan dan mengikuti diskusi.

Leave a Reply