Klub Guru, Mengejar Ilmu dan Kualitas untuk Pendidikan Di Bandung

Klub Guru

Klub Guru | Foto : blank91.wordpress.com

Seorang guru harus selalu memperbarui pengetahuan. Sebagai seorang pengajar, maka guru harus mengikuti perkembangan ilmu untuk disampaikan pada murid-muridnya. Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan bisa saja berubah, maka guru tidak bisa lagi mengandalkan masa lalu. Kredibilitas guru dilihat dari bagaimana dia mengikuti berkebangan pengetahuan, bukan hanya pengalaman masa lalu. Hal inilah yang dituju oleh Klub Guru. Klub ini memang berfokus untuk meningkatkan mutu dan kualitas pengajar.

Klub Guru, Mengejar Ilmu dan Kualitas untuk Pendidikan Di Bandung

Memang sudah banyak komunitas yang mewadahi kiprah guru. Kebanyakan komuitas dan organisasi ini bermaksud untuk membantu guru, termasuk dalam meningkatkan kesejahteraan, pengetahuan dan keahlian. Klub ini juga bertujuan demikian. Mereka tidak bermaksud menjadi saingan dari kelompok guru lain. Mereka memang tidak berfokus dalam advokasi meningkatkan kesejahteraan guru. Mereka berfokus pada peningkatan kualitas dan mutu dari pengajar. Jika pengajar di Indonesia sudah bermutu, maka murid akan semakin pintar sehingga sangat layak pemerintah memberikan kesejahteraan lebih. Kesejahteraan guru seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan keahlian guru.

Salah satu tujuan dari Klub guru adalah mendorong adanya standardisasi pengajaran. Hal ini membutuhkan peran pemerintah agar tidak ada kesenjangan pengajaran dari kota besar atau di daerah pelosok. Jika ujian nasional harus sama, maka pengajaran juga semestinya harus sama. Jadi diharapkan nanti tidak ada sekolah negeri yang jauh lebih menonjol dibandingkan lainnya. Kesenjangan ini memang terlihat dari sekolah di kota besar dan di pelosok.

Untuk menunjang penyamaan ini, maka kelompok guru ini berusaha untuk mengadakan berbagai workshop dan seminar. Seminar ini tidak hanya dimaksudkan agar pengetahuan guru meningkat, namun juga kemampuan mengajar dan pemahaman terhadap murid semakin meningkat. Selama ini, memang Klub Guru masih mengadakan seminar dengan biaya swadaya. Kedepannya klub ini akan berusaha untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan lain.

Kelompok guru di Bandung ini mengadakan seminar tidak semata untuk membagi sertifikat. Memang banyak pengajar yang mengejar sertifikat untuk masalah karir. Klub ini tetap akan memberikan sertifikat dalam seminar mereka, namun yang lebih penting adalah meningkatnya mutu guru. Jadi diharapkan guru yang mengikuti seminar akan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Jika berminat dengan klub di Bandung Raya ini, maka kita bisa menghubungi email [email protected] Selain di Bandung Raya, Klub Guru sudah ada di Sukabumi dan Subang.

Leave a Reply