Datang dan Nikmati Karya Seni di 5 Rekomendasi Galeri Seni di Bandung

Galeri Seni Di Bandung

Galeri Seni Di Bandung | Foto : indonesiaartnews.or.id

Bandung merupakan salah satu kiblat seni di Indonesia. Banyak seniman yang berdomisili di kota Bandung. Selain itu, ada beberapa galeri seni di Bandung yang layak dikunjungi. Galeri di Bandung banyak yang tidak hanya menyuguhkan pameran saja, namun juga tempat makan bersantai.

Datang dan Nikmati Karya Seni di 5 Rekomendasi Galeri Seni di Bandung

Berikut ini rekomendasi lima galeri seni Bandung yang patut dikunjungi :

1. Museum Barli

Museum Barli

Museum Barli | Foto : direktori.infobandung.co.id

Museum ini juga merupakan galeri seni dan diresmikan pada tanggal 26 Oktober 1992. Beberapa lukisan tetap yang ada di galeri ini adalah karya dari seniman Barli Sasmitawinata dan juga karya anaknya, Agung Wiwekakaputra. Barli memang merupakan penggagas berdirinya galeri seni ini. Tidak hanya memamerkan karya seni Barli, museum ini juga merupakan tempat workshop, pelatian pembuatan lukisan dan keramik, wadah diskusi, penjualan karya, dan juga pameran dari berbagai seniman lain. Galeri dan museum ini berada di Jalan Porf. Dr. Sutami No. 91.

2. Griya Seni Popo Iskandar (GSPI)

Griya Seni Popo Iskandar

Griya Seni Popo Iskandar | Foto : www.contemporaryartindonesia.com

Griya Seni Popo Iskandar (GSPI) merupakan tempat pameran karya dari Popo Iskandar, salah satu seniman kelas dunia di Indonesia. Popo banyak terinspirasi studio seni di Eropa barat yang kecil dan berada di sudut kota namun dipadati karya seni. Akhirnya berdiri GSPI pada tahun 2000, tidak lama setelah meninggalnya Popo. Selain menyuguhkan karya dari Popo, galeri seni di Bandung ini juga menjadi tempat pameran karya seniman lain. Griya Seni Popo Iskandar (GSPI) beralamat di Jalan Dr. Setiabudhi No. 268.

3. Galeri Wijaya

Galeri Wijaya

Galeri Wijaya | Foto : apcinstitute.wordpress.com

Galeri seni ini merupakan salah satu yang berumur di Bandung karena sudah terkenal sejak tahun 1980-an. Galeri ini menyimpan ratusan langka dari berbagai pelukis ternama, termasuk Antonio Blanco, Affandi, dan Hendra Gunawan. Galeri ini terbagi menjadi dua ruangan. Ruangan pertama khusus untuk lukisan dekorasi dengan harga mencapai jutaan rupiah. Untuk ruang kedua, ada berbagai lukisan langka yang memiliki nilai jauh lebih tinggi. Selain lukisan, Galeri Wijaya juga memamerkan karya seni lain untuk dekorasi ruang seperti patung, guci, dan batu ali. Galeri Wijaya beralamat di Jalan Mohamad Iskat, Kebon Kawung.

4. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space | Foto : lompatlompat.wordpress.com

Selasar Sunaryo Art Space (SAAS) merupakan salah satu galeri seni di Bandung yang cukup terkenal. SAAS didirikan oleh Sunaryo dan diresmikan tahun 1998. SAAS banyak memamerkan karya-karya Sunaryo dan seniman Indonesia lain secara temporer. SAAS selalu ramai saat dibukanya sebuah pameran tertentu. Selain menikmati karya seni, kita bisa menikmati hidangan di cafe SAAS.  Selasar Sunaryo Art Space ini berada di Jalan Bukit Pakar Timur No.100.

5. NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park | Foto : www.wego.co.id

NuArt Sculpture Park merupakan galeri seni yang didirikan oleh I Nyoman Nuarta, salah satu seniman patung asal Bali yang berdomisili di Bandung. NuArt Sculpture Park sudah berdiri sejak tahun 2000-an dan menyuguhkan berbagai karya seni patung, terutama karya Nuarta. Galeri seni ini memiliki cafe dengan menu andalan Nasi Campur dan Balinese Bebek Crispy. Pengunjung juga bisa mengikuti kursus singkat di NuArt Sculpture Park. NuArt Sculpture Park beralamat di Jalan Setra Duta Kencana II No. 11.

Itulah lima galeri seni di Bandung yang terkenal dan sering mengadakan pameran.

Leave a Reply