Wisata Bandung Purba, Indah dan Bersejarah

Wisata Bandung Purba

Wisata Bandung Purba | Foto : www.bandungtourism.com

Mengunjungi objek wisata Bandung Purba bisa jadi alternatif wisata bagi para pelancong yang menyukai petualangan sekaligus sejarah. Di Bandung, ada beberapa tempat yang memiliki nilai historis yang mungkin belum diketahui banyak orang. Tempat-tempat itu adalah Gua Pawon dan Danau Bandung yang melegenda. Berikut ulasan singkat mengenai 2 tempat tersebut.

Wisata Bandung Purba, Indah dan Bersejarah

Gua Pawon

Gua Pawon

Gua Pawon | Foto : bandung.panduanwisata.com

Gua Pawon cukup populer sebagai objek wisata alam dan sejarah di Bandung. Gua yang termasuk situs purbakala ini terletak di Gunung Masigit, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat Kota Bandung. Bila dilihat sekilas, tampaknya tidak ada yang spesial dari gua tersebut, namun sebenarnya gua ini punya nilai sejarah yang patut untuk kita ketahui.

Di Gua Pawon inilah dulunya pernah ditemukan kerangka-kerangka manusia purba yang kemudian disebut Manusia Pawon. Berdasarkan penelitian dari kerangka yang ada, Manusia Pawon hidup di sekitar 5600 hingga 9500 tahun yang lalu. Bila kita berkunjung ke gua ini, kita bisa menemukan replika kerangka Manusia Pawon.

Selain kerangka manusia, benda-benda purbakala juga kerap ditemukan di dalam Gua Pawon. Benda-benda itu antara lain batu asah, pisau, perhiasan dari gigi binatang, anak panah, gelang batu, gerabah, dan beberapa artefak lainnya. Hal ini semakin menguatkan pendapat bahwa Gua Pawon dulunya memang dijadikan tempat tinggal oleh manusia-manusia purba di zaman prasejarah.

Danau Bandung

Danau Bandung

Danau Bandung | Foto : meja-antonio.blogspot.com

Bicara soal wisata Bandung purba tak akan lengkap bila tidak mengungkit-ungkit kisah Danau Bandung yang sudah melegenda. Secara teknis, Kota Bandung berada di lembah yang dikelilingi bukit dan pegunungan, mirip seperti mangkuk dan Bandung ada di dasar cekungannya. Jadi, bisa dibayangkan bahwa dahulu Kota Kembang ini terendam oleh air danau. Maka, bila sekarang kita mencari-cari di mana Danau Bandung berada, maka kita tidak akan menemukannya, karena danau ini sudah surut dan telah menjadi daratan berupa Kota Bandung seperti yang kita kenal sekarang.

Danau Bandung sendiri terbentuk sekitar 6000 tahun yang lalu. Saat itu terjadi erupsi yang begitu dahsyat dari Gunung Tangkuban Perahu. Letusan gunung tersebut ikut memuntahkan material-material berukuran besar. Sebagian material itu kemudian menyumbat Sungai Citarum yang mengakibatkan terbentuknya danau raksasa, danau itu kemudian disebut dengan nama Danau Bandung. Orang-orang zaman dulu lebih sering menyebutkan dengan nama Situ Hiang.

Saat itu kedalaman danau ini diperkirakan mencapai 25-30 meter. Jadi bayangkan saja seperti apa Bandung saat itu yang terendam air setinggi puluhan meter. Barulah setelah beribu-ribu tahun kemudian, air danau kemudian surut dan akhirnya berubah menjadi daratan.

Demikian ulasan mengenai wisata Bandung Purba yang berkaitan dengan Gua Pawon dan Danau Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.


Add Comment