5 Teleskop Besar Di Teropong Bintang Boscha

Teropong Bintang Boscha

Teropong Bintang Boscha | Foto : www.yukpegi.com

5 teleskop besar di teropong bintang Boscha, dapat ditemui saat berkunjung ke sana. Boscha sebagai salah satu tempat penelitian bintang memang memiliki peralatan optik yang lengkap. Teropong bintang ini merupakan bagian dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

5 Teleskop Besar Di Teropong Bintang Boscha

Teropong Bintang Boscha

Teropong bintang Boscha atau yang dikenal pula dengan observatorium Boscha, adalah tempat peneropongan bintang yang tertua di Indonesia. Bangunan ini didirikan atas prakarsa Perhimpunan Bintang Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV).  Dahulunya observatorium ini bernama Bosscha Sterrenwacht.

Penggagas berdirinya observatorium Boscha adalah Joan George Erardus Gijsbertus Voûte. Beliau adalah seorang insinyur sekaligus astronom kelahiran Madiun. Astronom madiun tersebut bersahabat karib dengan Karel Albert Rudolf Bosscha dan Rudolf Albert Kerkhoven, dan kemudian mempengaruhi keduanya untuk dibuatnya sebuah observatorium. Atas prakarsa ketiga orang inilah Observatorium Bosscha berdiri di Lembang. Semua alat optik didatangkan dari perusahaan optik ternama Jerman, Carl Zeiss Jena.

Alat optik sudah pasti menjadi bagian penting dari observatorium Bosscha. Berikut adalah 5 teleskop besar di teropong Bintang Bosscha:

1. Teleskop Refraktor Ganda Zeiss

Teleskop ini dipergunakan untuk mengamati spektrum bintang, gerak bintang dalam gugusannya dan pengukuran paralak bintang.

2. Teleskop Schmidt Bima Sakti

Dipergunakan untuk mempelajari struktur galaksi Bima sakti, spektrum bintang, dan mengamati asteroid, supernova. Selain itu juga dipergunakan untuk memotret objek langit.

3. Teleskop Refraktor Bamberg

Teleskop ini berada pada gedung beratap, dengan atap yang dapat digeser maju mundur guna menutup dan membuka. Selesai diinstalasi pada tahun 1929. Kegunaannya untuk mengukur terangnya bintang, menentukan skala jarak, mengukur fotometri gerhana bintang, mengamati citra kawah bulan, pengamatan matahari, dan pengamatan benda langit lainnya.

4. Teleskop Cassegrain GOTO

Teleskop ini bantuan dari kementrian luar negeri Jepang. Kegunaannya sama dengan jenis teleskop lainnya, namun memiliki kelebihan dapat mengamati objek secara langsung setelah mengisikan data objek tersebut.

5. Teleskop Refraktor Unitron

Teleskop ini sama tuanya dengan teleskop Bamberg, namun ukurannya lebih kecil. Oleh sebab itu sering dipergunakan untuk pengamatan hilal, gerhana bulan dan gerhana matahari, serta pemotretan bintik matahari. Pengamatan benda langit lainnya juga dapat dilakukan dengan teleskop ini.

Selain teleskop yang telah disebutkan, masih banyak teleskop lain yang dipergunakan di observatorium ini. Demikian artikel tentang 5 teleskop besar di teropong bintang Boscha. Bosan belanja dan makan-makan, ada baiknya intip-intip bintang di Bosscha.


Add Comment