Yuk Icip-icip Soto Khas Bandung yang Lezat!

Soto Khas Bandung

Soto Khas Bandung | Foto : letsfaceit13.blogspot.com

Icip-icip soto khas Bandung, tentu tidak boleh terlewatkan. Sudah pasti, sebab soto Bandung mempunyai ciri khas yang tidak ada di soto daerah lain. Mencoba soto dari bandung akan melengkapi pengalaman berwisata di kota bunga ini.

Yuk Icip-icip Soto Khas Bandung yang Lezat!

Soto Khas Bandung

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas. Sebut saja soto Khas Jakarta, khas Jawa, Khas Padang dan masih banyak yang lain. Uniknya, memang soto-soto tersebut memiliki ciri khas sendiri. Namun, bumbu dasar yang dipergunakan umumnya sama, dengan daging yang sama seperti: sapi atau ayam.

Di Bandung juga terdapat soto khas yang tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia. Bumbu yang digunakan sama seperti soto daerah lain, daging yang dipergunakan juga daging sapi. Uniknya dari soto Bandung adalah tambahan sayur lobak dan taburan kedelai goreng yang gurih. Kerupuk yang dipergunakan adalah emping. Jika sudah demikian makan siap sudah soto dari bandung disajikan.

Untuk icip-icip soto khas Bandung dapat dilakukan di dua tempat yang memang khusus menyediakan menu leluhur ini:

1. Soto Bandung M. Tarya

Soto di sini telah ada sejak tahun 1950-an. Pendirinya sudah pasti M. Tarya. Saat ini dikelola oleh generasi ketiga yaitu Ibu Hj. Atikah. Soto di sini terkenal gurih dan segar, serta rasa pahit lobak tidak terasa. Daging dan bumbu pilihan dipergunakan untuk memperoleh rasa yang enak.

Seporsi soto bandung di sini harganya Rp 13.000. Jika ingin disantap dengan nasi putih maka harganya menjadi Rp 15.000. Selain soto bandung, tersedia pula nasi timbel komplet, mi tek-tek dan sup kaki. Untuk lauk tambahannya tersedia paru sapi goreng, telur asin, tempe dan tahu goreng, serta perkedel. Warung soto M. Tarya buka mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam. Terletak di Jl. Mohammad Ramdan No. 85, Bandung.

2. Soto Bandung Ojolali

Meski menggunakan nama jawa, ternyata soto yang dijual di sini khas Bandung. Warung ini telah berdiri sejak tahun 1940-an, sehingga termasuk salah satu legenda kuliner Bandung. Saat ini soto Ojolali dikelola oleh generasi keempat. Rasa sotonya sudah pasti enak dan membuat orang tidak melupakannya sesuai dengan nama Ojolali.

Seporsi soto Ojolali, diberi harga Rp 16.000, jika ingin beli setengah porsi hanya di Jl. Cibadak 79 tempat asalnya dengan harga Rp 11.500. Saat ini Soto Ojolali telah tersebar di tujuh lokasi di Bandung, yaitu: Bandung Trade Center, Jl Dr Djunjunan, Jl raya Rancaekek, Kopo Square, Metro Trade Center, Yogya Kepatihan dan Yogya BIP.

Demikian sedikit tentang icip-icip soto Bandung. Semoga bermanfaat dan selamat mencicipi soto khas Bandung.

Leave a Reply