Mengenal Walhi, Pejuang Lingkungan Hidup dari Jawa Barat

Walhi | Foto : walhijabar.wordpress.com

Walhi | Foto : walhijabar.wordpress.com

Lingkungan merupakan isu utama di tengah pembangunan modern. Banyak pembangunan yang mengabaikan aspek lingkungan sehingga akibatnya bisa merugikan manusia. Banyak orang yang peduli dengan masalah ini berusaha menyeimbangkan modernisasi dengan kelestarian alam. Walhi adalah salah satunya. Walhi merupakan organisasi independen dan non profit yang memperjuangkan masalah lingkungan hidup. Walhi telah berdiri di delapan kota dan kabupaten, terutama di Jawa Barat sebagai pejuang lingkungan hidup.

Mengenal Walhi, Pejuang Lingkungan Hidup dari Jawa Barat

Walhi sering menentang pembangunan dan modernisasi yang mengabaikan aspek kelestarian alam. Walhi juga giat berkampanye dan berpromosi kepada masyarakat untuk senantiasa merawat dan melestarikan lingkungan. Walhi juga sering mendampingi masyarakat yang dirugikan dari adanya pembangunan yang timpang. Banyak kegiatan Walhi yang melibatkan masyarakat secara langsung.

Walhi berdiri sejak tanggal 15 Oktober 1980. Walhi senantiasa berusaha menumbuhkan kesadaran berlingkungan hidup masyarakat yang masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari budaya pembalakan hutan, pembunuhan hewan-hewan secara brutal, sampai kebiasaan membuang sampah di sungai di selokan. Semua kebudayaan yang terlihat wajar bagi beberapa pihak ini seringkali berdampak buruk kepada manusia. Alam selalu berusaha menuju keseimbangan. Segala perubahan yang dilakukan manusia direspon dengan “penyeimbangan” dari alam. Penyeimbangan ini seringkali ditafsirkan sebagai bencana oleh manusia.

Selain berkampanye, komunita pejuang lingkungan hidup ini juga melakukan kontrol bagi segala kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan lingkungan. Pembangunan dan kemajuan versi pemerintah bisa saja merusak lingkungan. Hal semacam ini perlu dikritisi dan dicegah. Ada banyak cara yang dilakukan Walhi agar pemerintah berkompromi dengan alam.

Walhi banyak bekerja sama dengan organisasi lain yang memiliki tujuan yang sama. Mereka juga banyak melakukan pendataan tentang masalah lingkungan hidup di Indonesia. Karena itu, anggota Walhi sering dijadikan narasumber dari media dan industri tentang berbagai permasalahan lingkungan.

Salah satu upaya Walhi terkenal dengan nama mulasara cai tatar Sunda. Slogan ini merupakan bentuk usaha bersama untuk menyelamakan, merawat, menjaga, dan memelihra air serta mata air yang ada di Jawa Barat. Air merupakan sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan manusia. Menyelamatkan air sama dengan menyelamatkan manusia serta makhluk hidup lainnya di Jawa Barat. Salah satu usaha untuk merawat air adalah dengan membuat berbagai sumur resapan di daerah kota yang semakin rawan banjir. Selain itu ada pendampingan dan pencarian solusi bagi warga yang tinggal di daerah yang kekeringan.

Kegiatan Walhi memang banyak dan berguna bagi orang banyak. Namun tentu akan sangat berat jika perjuangan itu dilakukan sendirian. Kelestarian alam membutuhkan kepedulian bersama. Bagi Anda yang berminat tentang Walhi dan segala kegiatannya bisa mampir ke kantor pejuang lingkungan hidup ini yang berada di Jalan Piit No.5.

Leave a Reply