7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bandung dan Tempat Memperolehnya

Oleh-Oleh Khas Bandung

Oleh-Oleh Khas Bandung | Foto : bisnisukm.com

Buah tangan memang sudah menjadi budaya banyak orang di Indonesia, sehingga ada rasa sungkan tidak membawa oleh-oleh saat pulang dari bepergian. Karena itu, tidak lengkap rasanya pulang dari Bandung tanpa membawa oleh-oleh. Kita bisa membeli oleh-oleh berupa barang-barang atau makanan khas Bandung. Untuk oleh-oleh dalam bentuk kuliner, Bandung juga merupakan pusatnya. Berikut ini tujuh oleh-oleh kuliner khas Bandung dan tempat memperolehnya :

7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bandung dan Tempat Memperolehnya

1. Bollen

Bollen merupakan sejenis kue yang diisi dengan beberapa pilihan bahan, seperti irisan pisang, peuyeum, hingga durian. Bollen dari Bandung memang khas dan enak. Beberapa tempat yang menjual bollen enak ada di Kartika Sari dan Prima Rasa. Bollen khas Kartika Sari adalah yang berisi peuyeum dan durian. Sedangkan di Prima Rasa Anda bisa mencoba bollen isis keju, nangka, dan apel.

2. Cireng Isi

Cireng Isi

Cireng Isi | Foto : resepunik.wordpress.com

Cireng merupakan makanan terbuat tepung kanji yang digoreng. Cireng yang merupakan oleh-oleh kuliner khas Bandung ini bisa dibuat dengan atau tanpa isi. Beberapa bahan yang biasa menjadi isi cireng adalah keju, kornet, sosis, dan abon. Ada banyak cireng isi enak di Bandung. Salah satu tempat membeli cireng isis ada di Cireng Cipaganti. Berbeda dengan cireng isi pada umumnya, isi cireng yang dijual di tempat ini dimasukkan setelah cireng matang digoreng.

3. Batagor dan Siomay

Baso Tahu Goreng, atau biasa disebut dengan Batagor, merupakan makanan khas Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh. Menu lain yang sering dijual bersama dengan batagor adalah siomay. Makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan ini memang awet dijadikan oleh-oleh kuliner khas Bandung asal masih dipisahkan dari kuahnya. Beberapa tempat yang menjual menu batagor dan siomay yang enak adalah Batagor Riri di Jalan Burangrang dan Siomay Lekker.

4. Tempe gila

Tempe gila Bandung

Tempe gila Bandung | Foto : www.oleholehkhasbandung.com

Bandung merupakan tempatnya camilan pedas. Setalah keripik singkong setan “meledak” beberapa waktu yang lalu, sekarang Anda bisa mencicipi tempe gila. Tempe gila merupakan keripik tempe yang memiliki tingkat kepedasan tertentu. Pecinta makanan pedas perlu mencoba tempe ini. Berbagai toko oleh-oleh kuliner khas Bandung atau pasar-pasar, seperti di daerah Kosambi atau seputar Terminal Leuwi Panjang, menjual kemasan tempe pedas yang bisa dibawa pulang.

5. Peuyeum

Jajanan fermentasi singkong ini sering dijadikan bahan olahan untuk makanan lain. Beberapa makanan yang berbahan dasar atau campuran dari peuyeum adalah cake, colenak, es campur, atau bollen. Namun sebenarnya peuyeum juga nikmat disantap tanpa diolah lagi. Banyak tempat yang menjayikan oleh-oleh “peuyeum gantung”. Sebutan ini diberikan karena banyak peuyeum yang dijual di toko-toko dengan digantung.

6. Tahu

Tahu Bandung

Tahu Bandung | Foto : tahupetisbdg.blogspot.com

Tahu khas Bandung memang terkenal. Tidak hanya tahu Sumedang, tahu khas Bandung lain juga layak untuk dijadikan oleh-oleh. Tahu yang dibuat di Bandung biasanya memiliki tekstur yang sangat lembut. Kita bisa mencoba berbagai tahu khas Bandung di Tahu SB, Jalan Astana Anyar dan Tahu Tauhid di Lembang.

7. Brownies

Brownies juga merupakan kue oleh-oleh khas Bandung yang terkenal. Beberapa kue brownies yang terkenal di Bandung adalah yang dijual di Prima Rasa, Jalan Kemuning, Amanda, salah satunya di Jalan Ir.H. Juanda, dan Kartika Sari, juga di Jalan Ir. H. Juanda. Prima Rasa terkenal dengan aneka brownies panggangnya. Sedangkan Amanda terkenal dengan brownies kukus dengan aneka topping khas, seperti keju dan blueberry. Kartika Sari juga menjual aneka brownies kukus dan panggang yang enak serta aneka kue dan jajanan pasar lainnya.

Itulah tujuh macam oleh-oleh kuliner khas Bandung dan tempat-tempat memperolehnya. Banyak tempat lain di Bandung yang menyediakan oleh-oleh semacam itu. Kita bisa memesan kemasan dan cara pengolahan untuk beberapa oleh-oleh sehingga lebih tahan lama.

One Response

  1. renchip

Add Comment