6 Minuman Khas Bandung Dingin dan Hangat

Minuman Khas Bandung

Minuman Khas Bandung | Foto : ioneblog99.wordpress.com

Selain banyak menu makanan, Bandung juga memiliki banyak menu minuman yang khas. Minuman khas ini disajikan dingin atau hangat. Hal ini sesuai dengan cuaca Bandung yang bisa sangat dingin di malam hari namun terik pada siang hari. Beberapa minuman khas Bandung yang dingin dan hangat dan banyak disukai orang adalah sebagai berikut :

6 Minuman Khas Bandung Dingin dan Hangat

1. Bandrek

Bandrek merupakan minuman khas Bandung yang hangat. Minuman ini memiliki bahan dasar jahe dan gula merah. Beberapa tempat menambahkan rempah-rempah lain seperti serai, pandan, dan merica untuk menambah rasa hangat dan semakin wangi. Beberapa tempat juga menyajikan campuran bandrek dengan telur ayam kampung. Kita bisa menemui berbagai menu bandrek di Bandung, terutama di daerah utara seperti Lembang atau Punclut.

2. Cendol

Es Cendol

Es Cendol | Foto : bebenyabubu.com

Cendol merupakan minuman khas Bandung yang terbuat dari tepung beras, es batu, santan, dan gula merah cair. Olahan tepung beras itu bewarna hijau karena dicampur pandan dan pewarna alami. Minuman dingin ini nikmat diminum pada siang hari yang terik. Ada banyak penjual cendol, terutama yang di gerobak, di seluruh kota Bandung.

3. Bajigur

Bajigur merupakan minuman khas Bandung yang mirip dengan bandrek. Bahan utama dari minuman hangat ini adalah gula aren dan santan. Untuk menambah rasa hangat dan kenikmatan, bajigur sering ditambah dengan jahe, bubuk vanili, dan garam. Bajigur nikmat dinikmati dengan sajian kacang dan jagung rebus pada saat hari sedang hujan.

4. Es Goyobod

Es goyobod merupakan minuman dingin favorit khas Bandung. Es ini terbuat dari tepung sagu yang diolah menjadi mirip agar-agar. Bahan utama ini dicampur dengan berbagai tambahan lain seperti alpukat, santan kelapa, es serut, susu , sirup gula, dan potongan roti. Salah satu olahan dan inovasi es goyobod yang terkenal adalah Es Oyen.

5. Es Lilin

Es Lilin

Es Lilin | Foto : iqballl10.blogspot.com

Es lilin merupakan salah satu jajanan menyegarkan khas Bandung yang terbuat dari campuran santan, susu, dan gula. Es lilin sering diberi variasi rasa seperti melon, strawberry, atau leci. Es lilin masih banyak dijual di Bandung dan menjadi favorit dari anak-anak.

6. Es Cincau

Es cincau memiliki bahan dasar cincau, olahan dari daun cincau yang berbentuk mirip agar-agar bewarna hijau. Es cincau banyak disajikan dingin dengan campuran santan dan gula merah. Es cincau juga sering disajikan dengan es krim berbagai rasa.

Itulah enam minuman khas Bandung yang bisa disajikan dingin atau hangat. Berbagai minuman itu masih ditemukan di banyak tempat di Bandung.

Leave a Reply