Membuat Sendiri Lotek Khas Bandung Nikmat

Lotek Khas Bandung

Lotek Khas Bandung | Foto : blog.yummy.so

Membuat sendiri lotek Khas Bandung, dapat dilakukan dengan mudah. Selain cara pembuatannya memang sederhana, bahan-bahan lotek juga mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Meski tidak di pasar tradisional, hypermart sekarang juga banyak menyediakan sayuran dan bahan makanan lokal yang cocok untuk lotek.

Membuat Sendiri Lotek Khas Bandung Nikmat

Lotek Bandung

Lotek adalah makanan khas Bandung, yang mirip dengan pecel di jawa tengah atau jawa timur. Perbedaannya adalah lotek lebih manis dan ada tambahan terasi dalam adonan bumbunya. Sayur yang dipergunakan mirip, tentu saja untuk khas Bandung mempergunakan pare untuk pelengkapnya. Sayur pahit memang banyak menghiasi makanan khas Bandung, dan justru hal itulah yang membuat khas serta menarik.

Untuk membuat sendiri lotek khas bandung, maka persiapkan bahan-bahan berikut: 1 buah tempe potong sedang kemudian digoreng, saat akan disajikan dipotong-potong dengan ukuran lebih kecil. 2 buah lontong dipotong sesuai selera. Bahan sayuran yang direbus di antaranya: 1 buah pare dipotong kecil, 1 lembar daun kol diiris tipis dan 1 ikat kangkung dipotong kecil. Perebusan tidak boleh terlalu matang, sebab akan mengurangi rasa segar sayur tersebut. Satu bahan lagi yang perlu dipersiapkan adalah kedelai sebanyak kurang lebih 200 gram atau 1 bungkus yang telah dibersihkan, kemudian cukup rendam dalam air hangat.

Selanjutnya untuk bumbunya persiapkan, 3 sendok makan kacang tanah yang telah disangrai, 1 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 1 sendok makan gula merah yang telah disisir halus, 1 sendok teh terasi bakar, 1 lembar daun jeruk purut, 2 buah cabe rawit atau dapat ditambahkan sesuai selera, setengah sendok teh garam atau secukupnya dan 1,5 sendok makan air asam jawa. Kesemua bumbu tersebut dihaluskan, kemudian diberi air secukupnya.

Lotek dihidangkan dengan cara menata lontong, pare, kol, kangkung dan tauge di atas piring. Setelah itu siram dengan air bumbu, kemudian beri taburan bawang goreng dan kerupuk kecil. Lotek pun siap dihidangkan. Makin pedas makin asyik.

Lotek sebenarnya hampir mirip dengan pecel sebab penggunaan bawang putih, kencur dan daun jeruk purut. Tetapi akibat penggunaan air asam jawa maka mirip pula dengan rujak uleg di jawa timur dan jawa tengah. Penambahan terasi merupakan keunikan tersendiri. Sehingga jangan heran lotek rasanya pedas, manis dan gurih. Cocok dikonsumsi saat siang hari.

Demikian artikel tentang membuat sendiri lotek khas Bandung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply