Memainkan Permainan Tradisional bersama Komunitas Hong

Komunitas Hong di Bandung

Komunitas Hong di Bandung | Foto : blog.wakuwakuw.com

Komunitas Hong merupakan surganya permainan tradisional nusantara. Kata hong sendiri ebrarti bertemu. Kita bisa belajar berbagai permainan tradisional nusantara, terutama Jawa Barat di tempat ini. Selain itu, kita bisa ikut menikmati berbagai makanan khas tradisional Sunda yang lezat.

Memainkan Permainan Tradisional bersama Komunitas Hong

Komunitas ini telah berdiri sejak tahun 2005. Pendirinya, Mohammad Zaini Alif, memang berniat melestarikan berbagai permainan tradisional Sunda dan Nusanyara. Saat ini, Komunitas Hong sudah mendokumentasikan hingga 250 permainan tradisional Sunda, 213 permainan tradisional Jawa Tengah dan Jawa Timur, Serta 50 jenis permainan asal Lampung. Tempat ini juga menjadi pusat kajian mainan dan permainan rakyat dan memiliki koleksi hingga seratus permainan tradisional dari sepuluh negara.

Komunitas ini telah memiliki anggota hingga seratus lima puluh orang yang berasal dari berbagai kalangan dan usia. Anak-anak banyak bermain di komunitas ini, sedangkan orang dewasa banyak berperan sebagai pembuat mainan dan pendokumentasian. Komunitas ini juga mengadakan pelatihan permainan anak Kampung Kolecer  di Kampung Bolang, Subang. Festival Kolecer juga rutin diselenggarakan, yang berupa festival permainan raktat dan upacara adat.

Untuk masuk ke dalam tempat Komunitas Hong kita akan dikenai harga tiket. Kita bisa juga menikmati paket untuk makan masakan tradisional Sunda. Berbagai makanan yang ditawarkan antara lain bandrek, ubi rebus, kkacang rebus, sayur rebung, dan singkong kelapa. Bandrek di tempat ini disuguhkan di dalam batko kelapa, bukan di gelas.

Sajian utama dari Komunitas Hong tentu permainannya. Kita bisa ikut bermain permainan tradisional di tempat ini. Permainan tradisional jelas berbeda dengan bermain game di komputer. Permainan tradisional bermanfaat bagi anak karena melatih kerja sama dan emosi. Selain itu, tentu bermain permainan tradisional melatih fisik anak dengan baik. Beberapa permaian yang sering diadakan di tempat ini adalah bebentengan, boy-boyan, dan enggrang. Selain itu kita bisa ikut belajar membuat berbagai ragam mainan dari bahan yang ditemukan di alam. Komunitas ini juga memiliki leuit hempul, lumbung besar yang berfungsi untuk menyimpan mainan.

Salah satu komunitas di Bandung ini berada di Pakarangan Ulin Dago Pakar, Jalan Bukit Pakar Utara No. 35. Kita bisa mencapai daerah ini dengan memakai kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Showroom komunitas ini berada di Jalan Merak No. 2. Selain bersenang-senang, kita bisa ikut belajar dan bernostalgia bersama Komunitas Hong.

One Response

  1. Website Desa Ciburial

Add Comment